Siap Jegal Wuling Hongguang EV, Chery QQ Ice Cream Laris Manis

0
1312
Mobil listrik Chery QQ Ice Cream - dok.CarNewsChina

Anhui, Mobilitas – Pabrikan mobil asal Wuhu, Anhui, Republik Rakyat Cina (Cina) – Chery Automobile atau Chery – Senin (25/10/2021) lalu mengumumkan harga jual sebelum pemesanan dibuka resmi atas mobil listrik buatannya, Chery QQ Ice Cream.

Mobil imut yang bertenaga dari setrum itu dibanderol 29.00 yuan – 43.900 yuan atau sekitar Rp 66,42 juta – Rp 97,52 juta (kurs 1 yuan = Rp 2.221,33). Tak dinyana, pemesanan membeludak.

Seperti dilaporkan laman Car News China, belum lama ini, dalam waktu 24 jam mobil itu terpesan (terjual) sebanyak 15.624 unit. Dengan harga yang tak terpaut jauh dengan Wuling Hongguang Mini EV (yang dibanderol Rp 64,4 juta), mobil listrik Chery QQ ini bakal menjadi pesaing serius mobil listrik andalan SGWM Motors (Wuling Motors) itu.

Interior bagian depana Chery QQ Ice CReam – dok.Youtube

Sebelumnya, Chery memperkenalkannya di hajatan Chengdu Auto Show 2021 (27 Agustus – 5 September lalu) di Chengdu, Cina. Ada dua varian (berdasar kapasitas baterai) yang disajikan, yakni baterai 9,6 kW yang mampu menempuh jarak hingga 120 kilometer (km) dan baterai 13,9 kW yang sanggup menopang Chery QQ Ice Cream menempuh perjalanan sejauh 170 km.

Gaya desain dengan grill yang tertutup menunjukkan khas sebuah mobil energi terbarukan.Lampu depan mengadopsi bentuk pligonal dengan struktur rongga lampu berbentuk huruf U, sehingga menimbulkan efek visual yang sangat baik.

Lubang tempat penmgecasan daya baterai berada di belakang logo Chery yang berada di tengah pintu bagian belakang. Sedangkan untuk interior, desain keseluruhan didasarkan pada gaya praktis dan lugas.

Tampilan bagian belakang mobil listrik Chery QQ Ice Cream – dok.Inf.News

Di bagian kabin itu pula, desain jahitan warna kontras diadopsi di banyak bagian. Ini mencuatkan kesan gaya hidup kalangan muda dan lebih dinamis, terlebih di bagian interior ini dilengkapi tombol multifungsi.

Chery QQ Ice Cream memiliki dimensi panjang 2.980 milimeter (mm), lebar 1.496 mm, dan tinggi 1.637 mm. Sementara, jarak sumbu rodanya 1.960 mm.

Hanya, untuk fitur keamanannya, hanya ada satu airbag yakni di bagian pengemudi. Lalu ada tire pressure monitor untuk memonitor kondisi tekanan angin ban. Namun, Chery mengklaim, ada unsur keamanan lain yang ada di mobil tersebut yakni menggunakan desain balok baja berbentuk W sehingga penumpang akan aman jika terjadi tabrakan.

Wuling Honggung Mini EV kini mendapatkan pesaing berat setelah hadirnya Chery QQ Ice Cream – dok.Chinapev.com

Pasalnya, balok baja itu memiliki efek perlindungan yang lebih bagi semua kompartemen. Selain itu, balok itu juga berfungsi meningkatkan kekuatan seluruh kendaraan sekaligus menjadi penyerap energi dari benturan saat terjadi tabrakan, sehingga risiko fatal bisa dihindari.

Rencananya, Chery baru akan meluncurkan secara resmi QQ Ice Cream sekaligus memulai penjualan secara resmi pada pertengahan November nanti. Artinya, Wuling Hongguang Mini EV juga wajib berhati-hati menghadapi lawan yang baru muncul ini. (Jrr/Aa)