Siasati Inden Lama, Suzuki Sodorkan Jimny Versi Murah di Australia

0
869
Suzuki Jimny Lite di Australia- dok.Istimewa

Sidney, Mobilitas – Suzuki Motor di Australia menyatakan masa tunggu pesanan (inden) Suzuki Jimny untuk konsumen di negeri itu mencapai enam hingga delapan bulan. Maklum, peminat SUV ikonik Suzuki di negara ini memang membeludak.

Namun, seperti dilaporkan laman CarAdvice dan The West, Jumat (18/6/2021) Suzuki telah menemukan solusi untuk mengatasi persoalan itu, yakni menawarkan versi murah dari Suzuki Jimny. Namanya, Suzuki Jimny Lite.

Belum ada kepastian informasi berapa banyak Suzuki Jimny Lite yang akan digelontorkan ke Australia. Tetapi, Juru Bicara Suzuki Motor di Negeri Kanguru itu memastikan Jimny versi murah itu akan tiba di negaranya pada Agustus nanti.

“Kehadiran versi ini pastinya akan menurunkan waktu (masa) tunggu (inden). Sebab saat ini masa inden enam sampai delapan bulan,” kata dia.

Suzuki Jimny Lite – dok.Istimewa

Dia menegaskan, seperti namanya yakni Lite, versi ini tentu memiliki spesifikasi yang berbeda. Dengan kata lain lebih rendah untuk bagian-bagian tertentu, tujuannya untuk menekan harga.

Pelek yang dipakai misalnya hanya pelek baja 15 inci berkelir hitam, untuk menggantikan pelek Alloys 15 inci yang dipakai Jimny versi reguler. Kemudian, rumah (cover) spion terbuat dari plastik, lampu depan proyektor halogen, dan tidak menggunakan lampu kabut.

Di bagian interior, peranti hiburan yang dipasang pada Jimny Lite juga berbeda. Dia hanya dilengkapi radio/ pemutar CD tipe standar. Tak ada layar infotainment 7,0 inci seperti yang ada di Jimny reguler saat ini.

Suzuki Jimny Lite – dok.Istimewa

Mesinnya berbahan bakar bensin 1.5 liter bertenaga 75kW dengan torsi 130 Nm. Walau, di versi Lite ini tak ada tipe yang bertansmisi otomatis, hanya ada tipe bertransmisi manual.

Pemesanan Jimny Lite ini dibuka sejak 1 Juli nanti. Harganya, mulai AUS$28.490 atau sekitar Rp 308,7 juta (kurs AUS$ = Rp 10.835). (Tom/Aa)