Steering Tierod Rusak, Puluhan Ribu Suzuki S-Presso Di-recall

0
1363
Suzuki S-Presso di India - dok.Istimewa

New Delhi, Mobilitas – Maruti Suzuki India menyatakan total mobil yang ditarik (recall) gegara steering tirod itu mencapai 87.599 unit.

Keterangan resmi Suzuki India yang dikutip Mobilitas, di Jakarta, Rabu (26/7/2023) itu menyebut jumlah sebanyak itu terdiri dari Suzuki S-Presso dan Suzuki Eeco. Namun tidak disebutkan secara rinci jumlah masing-masing model yang di-recall tersebut.

Suzuki hanya mengatakan S-presso merupakan yang terbanyak dari jumlah yang ditarik itu. Adapun mobil yang mengalami masalah dan harus ditarik itu adalah model yang diproduksi antara 5 Juli 2021 dan 15 Februari 2023. .

“Diduga ada cacat pada bagian batang pengikat kemudi (steering tirod), yang digunakan pada kendaraan itu, yang dalam kasus tertentu, dapat pecah dan memengaruhi pengendalian dan mobil sulit dikendalikan,” bunyi pernyataan pabrikan.

Suzuki di Negeri Sari itu mulai melakukan penarikan pada 24 Juli. Pabrikan berlambang huruf “S” ini melalui diler resminya akan melakukan perbaikan atau penggantian tierod yang rusak itu, dan tidak memungut biaya alias gratis.

Sekadar informasi, sepanjang Januari – Juni 2023 ini, penjualan Suzuki S-Presso di India melorot sejak Februari dan hingga kini belum bisa kembali meraup angka penuualan sebanyak bulan Januari. Sepanjang Juni saja, penjualannya 4,78 persen dibanding bulan sebelumnya.

Suzuki S-Presso yang diimpor Suzuki Indonesia dari India – dok.Mobilitas

Data Vahan yang dikutip Mobilitas di Jakarta, Rabu (26/7/2023) menunjukkan sepanjang Januari mobil ini masih terjual sebanyak 4.035 unit, tetapi di Februari melorot menjadi 3.761 unit. Pada bulan berikutnya (Maret) kembali ambles menjadi 2.443 unit, April naik sedikit naik menjadi 2.562 unit, dan Juni kembali naik sedikit dengan total 2.868 unit.

Hanya sayang, membaiknya penjualan tidak berlanjut di bulan Juni. Pada bulan keenam itu, penjualan S-Presso kembali merosot, karena hanya 2.731 unit.

Suzuki S-Presso yang diproduksi di India ini juga diekspor ke sejumlah negara, termasuk Indonesia. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dinukil Mobilitas, di Jakarta, Rabu (26/7/2023) memperlihatkan, sepanjang Januari – Juni tahun ini, citycar itu terjual ke diler (wholesales) sebanyak 1.557 unit di Tanah Air.

Pada bulan Juni saja, penjualannya sebanyak 318 unit. Selama enam bulan pertama itu, Suzuki S-Presso hanya mencuil pangsa pasar 0,3 persen di pasar mobil Indonesia. (Din/Aa)