Januari – Juni Tahun Ini, 4 Juta Lebih Mobil Korea Terjual di Dunia

0
1368
Tampilan bagian belakang Hyundai Ioniq 6 First Edition - dok.Istimewa

Seoul, Mobilitas – Korea kini diakui sebagai salah satu pembuat mobil terbaik di dunia, dan penjualan dua pabrikan lokalnya yakni Hyundai dan Kia mewarnai pasar dunia.

Menurut Asosiasi Otomotif dan Mobilitas Korea (KAMA) dan Kementerian Perdagangan Korea Selatan yang dikutip Mobilitas, di Jakarta, Rabu (26/7/2023) menunjukkan sepanjang Januari – Juni tahun ini, lima pabrikan mobil Korea menjual 4.001.689 mobil. Mobil-mobil itu terjual di dalam negeri Korea maupun di berbagai negara di dunia.

“Jumlah ini meningkat 12,9 persen dibanding jumlah penjualan yang dibukukan oleh lima pabrikan lokal Korea selama semester pertama (Januari – Juni) 2022, yang sebanyak 3.545.156 unit,” bunyi keterangan dua lembaga itu.

KAMA menyebut, penjualan di pasar domestik selama enam bulan pertama itu naik 13,6 persen, sedangkan penjualan di pasar luar negeri naik 12,7 persen dibanding periode sama di 2022.

Ilustrasi, logo Kia – dok.Mobilitas

“Industri otomotif menghadapi gangguan dalam produksi kendaraan tahun lalu karena kekurangan semikonduktor dan kendala rantai pasokan. Pasokan yang terbatas menyebabkan akumulasi permintaan kendaraan baru meningkat terus menerus,” kata asosiasi itu.

Data menunjukkan, lima pabrikan Korea yang menjual produknya di pasar lokal maupun global itu adalah Hyundai Motor Company, Kia Corporation, KG Mobility Corporation, GM Korea, dan Renault Korea Motors Company.

Dari lima pabrikan itu, yang paling banyak menjual produknya adalah dua pabrikan yang tergabung dalam Hyundai Group (yakni Hyundai Motor dan Kia Motor).

Data Asosiasi Diler Mobil Korea (KADA) dan KAMA yang dinukil Mobilitas, di Jakarta, Rabu (26/7/2023) memperlihatkan gabungan penjualan dua pabrikan ini mencapai 3.654.632 unit. Jumlah ini menanjak 10,8 persen dibanding Januari – Juni 2022. (Din/Aa)