Tol Becakayu Seksi 2A Dioperasikan, Jakarta – Bekasi Cuma 30 Menit

0
1196
Jalan Tol Becakyu - dok.Waskita Toll Road

Jakarta, Mobilitas – PT Kresna Kusuma Dyandra Marga (KKDM) – anak usaha PT Waskita Toll Road mulai mengoperasikan 24 Maret ini.

Direktur Utama PT KKDM, Aris Muljono, yangdihubungi Mobilitas di Jakarta, Jumat (24/3/2023) mengatakan pengoperasian itu dilakukan setekah pihaknya mengantongi Aurat Keputusan Menteri PUPR tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu Seksi 2A dan 2A Ujung Ruas Jakasampurna-Marga Jaya.

“Jalan tol ini menyambungkan wilayah Bekasi hingga Kampung Melayu sepanjang 16,78 kilometer. Sehingga, perjalanan dari Jakarta Timur ke Bekasi dan sebaliknya yang selama ini ditempuh 60 menit, bisa hanya dalam waktu 25 menit – 30 menit, jadi lebih cepat 30 menit,” papar Aris.

Ilustrasi, mengemudi mobil di jalan tol – dok.Zoomcar

Penghematan waktu perjalanan tersebut sangat menguntungkan masyarakat, terutama bagi para komuter dari wilayah Jawa Barat itu ke wilayah DKI Jakarta bagian timur, dan sebaliknya. Selain itu, dengan penghematan waktu maka tingkat emisi gas buang yang dihasilkan kendaraan bermotor dan dibuang ke alam terbuka pun berkurang.

“Dan yang tidak kalah penting adalah, bagaimana pergerakan barang maupun orang dalam rangka kepentingan bisnis semakin lancar,” kata Aris.

Tarif untuk kendaraan golongan I sebesar Rp 14.000. Kendaraan golongan ini adalah Low MPV, sedan, minibus, pikap kecil dan lain-lain. (Rey/Aa)