Tol Kukusan – Cinere akan Beroperasi, Jakarta ke Bogor Cuma 45 Menit

0
1050
Illustrasi, Seksi 2 Tol Cijago yakni Kukusan - Jalan Raya Bogor - dok.Kementerian PUPR

Jakarta, Mobilitas – Jalan tol Cinere-Jagorawi seksi 3 menghubungkan Kukusan ke Cinere sejauh 3 kilometer.

Jalan tol ini melengkapi sekaligus menghubungkan dua seksi yang saat ini telah ada dan beroperasi. Seksi 1 Jagorawi – Cisalak telah beroperasi sejak 2012, dan seksi 2 Cisalak – Kukusan beroperasi sejak 2019.

“Dengan demikian, seksi 3 itu memberikan dampak yang cukup signifikan dalam perjalanan dari Jakarta ke Bogor dan sebaliknya,” ujar Direktur Jalan Bebas Hambatan, Ditjen Bina Marga, Kementerian PUPR, Budi Harimawan, saat dihubungi Mobilitas di Jakarta, Jumat (18/11/2022).

Menyetir mobil di jalan tol – dok.Istim

Kehadiran seksi 3 ini menjadikan perjalanan Jakarta – Bogor dan sebaliknya lebih singkat, yakni hanya 45 menit dengan kecepatan maksimal kendaraan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Budi menyebut saat ini proses pengerjaan konstruksi seksi 3 itu telah rampung. Jalan tol tersebut akan diujicona operasi pada liburan Natal dan Tahun Baru 2022 nanti.

Seksi 3 jalan tol Cinere- Jagorawi ini merupakan salah satu ruas jalan tol yang masuk dalam daftar jalan tol yang ditargetkan untuk dioperasikan pada akhir tahun 2022. Di daftar ini, setidaknya ada 13 ruas tol baru yang siap untuk diresmikan. (Yun/Aa)