Triumph Hadirkan Versi Terbaru Street Triple RS di India

0
1139
Triumph Street Triple RS versi terbaru - dok.Istimewa

New Delhi, Mobilitas – Triumph Motorcycles meluncurkan versi terbaru dari Triumph Street Triple RS, yakni berbalut warna dan grafis baru di India. Motor dengan balutan warna Carbon Black itu mendapatkan grafis baru RS di bagian tangki bahan bakarnya.

Dalam keterangan resmi yang dilansir Hindustan Times, Sabtu (25/6/2022), Triumph Motorcycles India mengatakan kejhadiran vaarian warna anyar itu melengkapi dua warna sebelumnya (yang dipakai versi lama) yakni Matt Black dan Crystal White.

“Untuk spesifikasi teknis dan fitur, versi baru maupun sebelumnya tidak ada perbedaan. Ternasuk pelek dari bahan perunggu,” bunyi keterangan itu.

Triumph Street Tripe mengusung mesin 765cc tiga silinder segaris, yang menyemburkan tenaga hingga 121 bhp dan torsi maksimum 79 Nm. Semburan tenaga disalurkan ke roda menggunakan transmisi 6 tingkat percepatan.

Triumph Street Triple RS terbaru tengah diuji jalan – dok.Team-BHP

Sistem pengeremannya menggunakan kaliper monoblok Brembo M50. Perangkat suspensi depan menggunakan garpu Showa dan bagian belakang monoshock Ohlins yang dapat disetel.

Bobotnya, hanya 166 kilogram. Sehingga, menjadi model paling ringan di kelasnya. Motor ini digadang-gadang menjadi amunisi baru untuk menggaet konsumen di India, bahkan di negara-negara Asia lainnya.

Data di Lembaga Riset dan Konsultan asal Hong Kong, CEIC, yang dikutip Mobilitas, Sabtu (25/6/2022), menunjukkan sepanjang tahun 2021 lalu, Triumph Motorcycles berhasil menjual produknya di India sebanyak 1.212 unit. Jumlah ini setara dengan 22 persen lebih dari total penjualan sepeda motor kelas premium di negara itu, yang sebanyak 5.106 unit.

Ilustrasi, Triumph Trident 660 – dok.Istimewa via webBikeWorld

Sedangkan di Inggris – atau kampung halamannya sendiri – pada tahun yang sama Triumph berhasil mengoleksi angka penjualan sebanyak 9.393 unit. Jumlah itu meningkat 23,3 persen dibanding jumlah yang dibukukan sepanjang tahun 2020.

Pada tahun 2021 itu, Triumph menempati urutan keempat dalam daftar pabrikan penjual motor terbanyak di Inggris. Dia berada di belakang Honda yang melego 21.230 unit, Yamaha yang menjual sebanyak 14.690 unit, dan BMW yang melego 9.514 unit. (Vto/Aa)