Model Baru

Aion Urban Traffic Siap Hentak Indonesia, Ini Sederet Keunggulannya

×

Aion Urban Traffic Siap Hentak Indonesia, Ini Sederet Keunggulannya

Share this article
Aion Urban Traffic - dok.Mobilitas

Jakarta, Mobilitas – Aion Urban Traffic alias Aion UT merupakan hatchback bersumber tenaga listrik yang memiliki gaya tampilan dan teknologi futuristik. Mobil yang bahasa desainnya kental dengan sentuhan gaya desain mobil Eropa ini kabarnya bakal dibanderol Rp 300 jutaan.

Pada Senin (30/6/2025), Mobilitas berkesempatan melihat langsung sosok Aion UT di dealer Aion MT Haryono, Jakarta Timur, sebelum mobil tersebut diluncurkan secara resmi di Tanah Air. Lembaran fakta dan data spesifikasi yang diperoleh Mobilitas menyebut Aion UT berddimensi panjang 4.270 milimeter (mm), lebar 1.850 mm, dan tinggi 1.575 mm.

Sementara jarak sumbu rodanya sejauh 2.750 mm dengan ground clearence 160 mm. Dimensi ukuran ini sangat pas untuk melibas beragam medan jalan di Indonesia.

Desain yang menawan
Gaya desainnya bergaya retro modern, kental dengan nuansa Eropa. Maklum, karena Aion UT memang didesan para perancangnya yang berada di Eropa.

Keunikan terlihat mulai dari bentuk lampu yang menyerupai mata dan alis burung hantu. Sedangkan matric cube light berupa LED kotak di lampu depan dan lampu rem di belakang, mencuatkan kesan futuristik .

Tampilan bagian belakang Aion Urban Traffic – dok.Mobilitas

Bentuk streamline dengan garis lentur membuat tampilan bodi seperti cangkang telur yang melengkung. Terlebih, area pilar C, dibuat tanpa kaca, dan bagian buritan nampak sederhana membulat.

Tampilan eksterior makin keren berkat pelek 17 inci yang didesain layaknya kelopak bunga, dan disaput kelir two tone.

Teknologi canngih di kabin
Masuk ke kabin, kesan simpel dan futuristik, dengan pewarnaan gelap plus jok berbalut kulit sintetis mencuatkan kesan premium. Sedangkan tampilan dashboard-nya minimalis dan clean, namun namun canggih, karena layar 14,6 inci menjadi pusat kendali semua fitur, tidak ada tombol fisik

Untuk cluster meternya digunkan layar 8,8 inci di depan pengemudi. Kesan fungsionalitas yang tinggi dan modern semakin mencuat karena konsol tengah hadir dengan cupholder dan wireless charger 50W.

Kenyamanan  bagi penumpang hatchback lima kursi ini juga terasa, karena penumpang baris kedua masih merasakan kenyamanan leg room. Terlebih jok di baris kedua itu seperti sofa.

Kabin bagian depan Aion Urban Traffic – dok.Mobilitas

Adapun jok baris pertama bisa direbahkan rata untuk penumpang beristirahat hingga baris kedua, sehingga terasa lapang dan lega. Kesan lapang kian mencut, berkat kehadiran panoramic sunroof berukuran besar.

Kecanggihan mobil ini juga terasa di pintu belakang yang mempunyai fitur power back door untuk buka-tutup. Bagasi mobil ini juga cukup besar dengan kapasitas 440 liter, bahkan jika kursi baris direbahkan, maka kapasitas bagasi mencapai1.600 liter.

Performa dan keamanan
Aion UT ditawarkan dalam dua pilihan kapasitas baterai yakni LFP Magazine Battery 2.0 dengan kapasitas 44 dan 60 kWh. Baterai pertama menghasilkan tenaga 135 hp dengan jarak tempuh 400 km.

Sedangkan varia kedua, yakni baterai 60 kWh menghasilkan tenaga 201 hp dengan jarak tempuh hingga 500 km. Kedua varian sama-sama memiliki torsi 210 Nm.

Pintu belakang yang mempunyai fitur power back door untuk buka-tutup – dok.Mobilitas

Dengan semburan tenaga dan torsi sebesar itu, Aion UT mampu berakselerasi dri kecepatan 0 km/jam ke kecepatan 100 km/jam hanya dalam tempo 8,3 detik.

Pengisian daya cepat dengan arus DC dapat mengisi baterai dari 30 persen ke 80 persen hanya dalam 24 menit saja. Untuk keselamatannya, Aion UT memiliki ADAS dengan fitur mulai dari lane departure warning, lane keep assist, serta adaptive cruise control dengan kemampuan stop and go. Semua fitur ini, bisa diatur melalui simbol perintah yang tertera di layar utam.a

Adapun untuk harga, akan diumumkan di hajatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025.(Aa)

Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id