Model Baru

Ferrari Amalfi, Versi Anyar dari Ferrari Roma yang Menawarkan Keunggulan Ini

×

Ferrari Amalfi, Versi Anyar dari Ferrari Roma yang Menawarkan Keunggulan Ini

Share this article
Ferrari Amalfi - dok.Ferrari

Maranello, Mobilitas – Ferrari memperbarui model entry level Ferrari Roma sekaligus mengganti nama model coupe bermesin depan tersebut menjadi Ferrari Amalfi. Nama itu mengadopsi nama daerah pesisir di Italia bagian selatan yang dikenal megah dan indah.

Keterangan resmi pabrikan mobil super asal Maranello itu yang dikutip Mobilitas di Jakarta, Kamis (3/7/2025) menyebut salah satu fitur pembeda di Amalfi dengan Roma adalah kembali hadirnya tombol fisik di kemudi untuk mengoperasikan bagian penting mobil. Tombol fisik kembali ke kokpit Ferrari, termasuk tombol start-stop mesin.

Seperti diketahui, Ferrari mulai mengganti tombol fisik dengan tombol digital melalui sentuhan untuk mengoperasikan fitur yang ada di mobilnya. Ini dimulai di Ferrari SF90 pada tahun 2019. ‘Pejabat Ferrari mengakui bahwa mereka mendengar kritik sangat keras dari pelanggan Ferrari yang menyebut bahwa kontrol sentuh haptik atau tombol digital merupakan solusi yang tidak sempurna,” tulis laman Road and Track.

Perubahan yang lebih kentara yang ada di Amalfi adalah pada desain eksterior. Seperti halnya Ferrari 12Cilindri, bagian depan mobil ini terlihat lebih teknis, tetapi tidak terlalu antropomorfik.

Tampilan kokpit Ferrari Amalfi – dok. Ferrari.jog

Meski lekukan horizontal hitam yang menghubungkan elemen lampu depan di bagian hidung masih sama, dengan hidung Ferrari Roma, namun hidung hiu itu tanpa gril plastik. Sebab, perangkat itu di Ferrari Roma dianggap kontroversial.

Ferrari memastikan sebagian besar panel bodi Amalfi adalah baru, tetapi proporsi dan dimensi umum mobil coupe 2+2 ini tetap sama dengan Ferrari Roma. Secara keseluruhan, tampilannya tidak terlalu retro.

Sedangkan untuk mesinnya, Amalfi mengusung esin V8 twin-turbo 3.855cc dari keluarga F154 yang menyemburkan tenaga 640 hp (lebih besar 20 hp dibanding dengan Roma) dan torsi 760 Nm. Mesin ini dipadukan dengan transmisi kopling ganda delapan-percepatan.

Dengan semburan tenaga dan torsi sebesar itu, Amalfi mampu berakselerasi 0 – 100 km/jam hanya dalam waktu 3,3 detik, 0 – 200 km/jam dalam 9 detik, dan mampu melaju hingga kecepatan tertinggi 320 km/jam. (Jrr/Aa)

Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id