All New Daihatsu Ayla Respon Konsumen Usia Muda, Ini Buktinya

0
1952
All New Astra Daihatsu Ayla - dok.Mobilitas

Mobilitas, Jakarta – Setelah sepuluh tahun mewarnai dinamika pasar mobil Indonesia, kini Daihatsu Ayla tampil serba baru.

Versi paling gres alias paling anyar dengan label All New Astra Daihatsu Ayla itu, diperkenalkan secara resmi oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) di Jakarta, Rabu (15/2/2023). Kebaruan mobil yang masih tetap sebagai Low Cost Green Car (mobil murah ramah lingkungan) ini terlihat mulai dari tampilan eksteriornya.

Baik tampilan depan maupun belakang berbeda dengan model atau versi sebelumnya. Sepintas sangat kirip dengan Daihatsu Perodua Axia, yang beberapa waktu lalu telah meluncur di pasar Malaysia.

Baik grille, lampu utama, lampu sein, bumper depan berbeda dengan versi lawas. Begitu pun dengan lampu, pintu, bumper di bagian belakang. Semuanya menjadikan kesan Ayla paling gres alias paling anyar itu lebih fresh.

Tetapi yang tidak kalah menarik adalah, mesin yang diusungnya, yakni mesin 1.200cc yang sama dengan mesin di SUV kompak Daihatsu Rocky. Mesin ini dikawinkan dengan transmisi otomatis Continously Variable Transmission (CVT).

“All New Astra Daihatsu Ayla tetap mobil LCGC, namun dengan gaya tampilan yang fresh dan berubah sesuai dengan trend yang ada di pelanggan. Karena, fakta selama ini memperlihatkan 75% – 80% pembeli Daihatsu Ayla adalah konsumen pembeli pertama atau first buyer mobil, dimana sebagain besar usia muda,” papar Director Corporate Planning & Communication PT ADM, Sri Agung Handayani, saat ditemui Mobilitas di kawasan Senayan, Jakarta, Rabu (15/2/2023).

Tampilan bagian belakang All New Astra Daihatsu Ayla – dok.Mobilitas

Kelompok konsumen usia muda, lanjut Agung, adalah kelompok konsumen dengan gaya hidup yang dinamis. Bagi mereka, mobil bukan sekadar sarana transportasi belaka tetapi juga sebagai sarana untuk mengekspresikan diri.

Oleh karena itu, kata perempuan ramah ini, ADM juga terus menjawab keinginan dan kebutuhan para konsumen tersebut. Caranya memberi sentuhan ubahan yang memenuhi aspek aman, nyaman, dan selalu up to date sesuai tren yang terjadi alias trendy.

“Sejak diluncurkan pada 2013 atau sepuluh tahun lalu, Daihatsu Ayla telah mendapatkan penyegaran dengan minor change dua kali. Selama itu pula, respon konsumen yang notabene kelompok usia muda. Terbukti, sejak saat itu, sampai awal 2023, Ayla terjual sebanyak 263.000 unit,” ujar Agung.

Hanya, soal rincian spesifikasi – khususnya fitur-fitur di interior – ADM belum memberikan informasi. Begitu pun dengan harganya. (Aa)