Berbanderol Rp 1 M Lebih, Ini Hebatnya Honda Gold Wing Terbaru

0
1517
Ilustrasi, Honda Gold Wing, yang dikabarkan rangkanya mirip dengan rangka yang dipakai sepeda motor GWM - dok.AHM

Jakarta, Mobilitas – PT Astra Honda Motor (AHM) resmi menjual versi terbaru Honda Gold Wing 1800, dengan harga Rp 1.052.487.000 on the road Jakarta.

Dalam keterangan resmi yang diterima Mobilitas di Jakarta, Kamis (16/3/2023) Marketing Director PT AHM, Thomas Wijaya, menyebut versi anyar ini kental dengan kesan premium-elegan yang kuat. Kesan itu mencuat dari area tampilan depan yang menyuguhkan perubahan kombinasi warna bodi dan cover lampu berkonsep dual-tone.

Honda Gold Wing, kata Thomas, sudah menemani pecinta big bike premium Honda, terutama para penyuka touring jarak jauh di berbagai belahan dunia selama 48 tahun. ”Kini kami menghadirkan produk terbaik untuk konsumen di segmen premium merupakan bagian dari komitmen kami untuk seluruh pecinta sepeda motor Honda,” ujar Thomas.

Kehadiran Honda Gold Wing 1800 paling gres alias terbaru ini didukung dengan layanan prima di 11 jaringan Big Wing Honda. Motor bermesin 1.833 cc enam silinder berpendingin cairan dengan semburan tenaga 124 hp pada 5.500 rpm dan torsi 170 Nm pada 4.500 rpm ini sarat dengan fitur canggih.

Salah satunya, terkoneksi menggunakan Apple CarPlay dan juga Android Auto, sehingga memberi kenyamanan optimal selama perjalanan. Dua slot USB pada dasbor, sehingga pengendara tak perlu risau saat daya baterai gadget-nya meredup di saat berkendara jarak jauh.

Motor gede ini juga dibekali speaker yang menghasilkan kualitas suara yang premium. Beranjak ke sektor dapur pacu, Honda Gold Wing 1800 hadir dengan mesin tangguh 1.833 cc berpendingin cairan 6-silinder yang dipasang secara horizontal berlawanan.

Motor cruiser yang bertransmisi 7-speed Dual Clutch Transmission (DCT) ini juga dilengkapi forward/reverse Walking Mode. Honda mengklaim rangka motor ini dirancang untuk mendapatkan manuver yang prima pada kecepatan rendah dan tetap menjaga stabilitas saat melaju dengan kecepatan tinggi.

Tampilan bagian belakang Honda Gold Wing 2023 – dok.AHM

Bagasinya telah menggunakan teknologi elektrik sehingga mudah digunakan dan canggih mendukung kenyamanan saat berkendara. Pada setiap sisinya terdapat tambahan bagasi dengan kapasitas total 60 liter.

Fitur canggih lainnya adalah throttle-by-wire (TBW) yang memiliki 4 mode riding (Tour, Sport, Econ, dan Rain), Kemudian ada Honda Selectable Torque Control (HSTC), Hill Start Assist, dan sistem cruise-control yang bisa disetel demi menyokong kenyamanan maksimal pengendara.

Catatan Wikipedia yang dinukil Mobilitas di Jakarta, Jumat (17/3/2023) menyebut Honda Gold Wing pertama kali diperkenalkan ke dunia di hajatan Cologne Motorcycle Show, Oktober 1974. Saat itu, media massa internasional langsung gaduh dibuatnya.

“Kehadirannya dianggap sebagai serangan serius Honda ke pasar motor berkapasitas di atas 750cc dunia. Komunitas insinyur otomotif Jepang bahkan menyebutkan sebagai landmark teknologi otomotif Jepang,” bunyi catatan Wikipedia.

Di Amerika Serikat yang merupakan negeri pabrikan motor gede legendaris Harley-Davidson, Honda Gold Wing ternyata laris manis. Tercatat, sejak 1975 hingga 2013 motor ini terjual 640.000 unit lebih, dan hingga kini tetap laris. (Jrr/Aa)