Bos BYD Wang Chuanfu Kembali Jadi CEO Terbaik 2023

0
1572
Wang Chuanfu - dok.Forbes

Jakarta, Mobilitas – Wang Chuanfu berada di urutan pertama di daftar 50 Chief Executive Officer (CEO) terbaik 2023 di Cina.

Daftar bos tertinggi perusahaan dunia ini merupakan hasil penyeleksian yang dilakukan Forbes Cina, yang merupakan bagian dari majalah ekonomi kondang, Forbes.

“Wang yang menapaki karir dan ikut mendirikan Build Your Dream (BYD) sejak 1990-an dengan memproduksi baterai isi ulang. Dia bahkan berperan penting dalam membangun BYD menjadi sebuah pabrikan mobil yang diperhitungkan dunia,” bunyi laporan Forbes, yang dikutip Mobilitas, di Jakarta, Senin (17/7/2023).

Pria yang lahir di Anhui, Wuhan, 8 April tahun 1966, ini telah menjalani kehidupannya dengan penuh liku-liku yang sulit dan kemiskinan. Ayahnya meninggal ketika dia berusia 13 tahun, dan dua tahun kemudian sang ibu kembali ke Sang Khalik.

Sejak itulah Wang diasuh oleh kakak laki-lakinya bersama kakak iparnya. Beruntung, sang kakak sangat menyayanginya. Mereka memegang teguh wasiat sang ayah, yang sebelum meninggal berpesan agar mereka memperhatikan pendidikan Wang.

Hanya sayang, kehidupan ekonomi kakak Wang tidaklah berlebihan. Namun, mereka tetap berupaya untuk menyekolahkan Wang hingga ke jenjang yang tertinggi.

Wang Chuanfu bersama investor kondang yang juga pemegang saham BYD, Warren Buffet – dok.Istimewa

Bahkan, ketika Wang akan masuk ke perguruan tinggi dan membayar uang kuliah, sang kakak rela menjual mas kawin saat nereka menikah. Dengan bercucuran air mata, Wang mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada mereka dan berjanji akan menjadi yang terbaik.

Berkat kecerdasannya Wang berhasil menyelesaikan pendidikannya dengan nilai terbaik. di Central South University (CSU) di Provinsi Hunan. Dia mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan studi di Beijing Non-Ferrous Research Institute. Dia lulus pada tahun 1990 dengan nilai terbaik dan bergabung lembaga penelitian pemerintah sebagai peneliti.

Pada tahun 1995, Wang mengundurkan diri dari tempatnya bekerja, lalu pada bulan Februari tahun itu juga dia mendirikan perusahaan pembuat baterai listrik bernama Build Your Dream (BYD).

Singkat cerita, BYD yang awalnya memproduksi baterai terus berkembang dan membuat berbagai produk, termasuk telepon seluler dan komputer jinjing. BYD bahkan akhirnya memproduksi mobil (bahkan kini menjadi pabrikan dengan penjualan mobil elektrfikasi terbanyak di dunia), dan sekitar 21 persen sahamnya dibeli investor kondang, Warren Buffet. (Aa/berbagai sumber)