Cetarrr, Bus Listrik Yutong Unjuk Gigi di Piala Dunia FIFA Qatar

0
1320
Bus listrik Yutong yang digunakan di perhelatan Piala Dunia FIFA 2022 Qatar - dok.Istimewa

Doha, Mobilitas – Zhengzhou Yutong Group Ltd merupakan produsen bus listrik terbesar di Cina.

Pabrikan asal Zhengzhou, Henan, itu juga telah mengekspor bus setrum ke Prancis, Inggris, Norwegia, Denmark, Chile, Ekuador, bahkan Indonesia. Kini, di tengah perhelatan kejuaraan sepakbola dunia (Piala Dunia FIFA 2022) Qatar, yang dimulai Minggu (20/11/2022) bus listrik Yutong unjuk diri.

Keterangan resmi pabrikan yang dikutip Mobilitas, Selasa (22/11/2022) menyebut di hajatan itu pemerintah Qatar menggunakan 888 bus listrik Yutong. Bus tersebut digunakan untuk mengangkut pejabat, jurnalis, hingga penonton di perhelatan yang berakhir pada 18 Desember nanti.

“Yutong Qatar siap memberikan pengalaman perjalanan yang ramah lingkungan yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk para penggemar sepakbola dari seluruh dunia,” papar Managing Director Yutong Qatar, Gan Shaoying.

Ilustrasi, bus buatan Yutong – dok.Orion Travel

Penggunaan bus listrik di hajatan itu sekaligus menjadi ajang promosi dan unjuk gigi produk Yutong. Maklum, Piala Dunia diperhatikan sepertitiga lebih penduduk bumi.

Penjualan bus listrik Yutong selama ini cukup moncer di Eropa. Di Denmark misalnya, tak kurang dari 408 unit bus setrum Yutong yang diperasikan.

Data di Asosiasi Produsen Mobil Cina (CPCA) yang dinukil Mobilitas, Selasa (22/11/2022) menunjukkan, sepanjang 2021 Yutong melego 41.828 bus (sebagian besar bus listrik). Jumlah itu bertambah 72 unit dibanding 2020. (Jrr/Aa)