Daihatsu Indonesia Recall Ribuan Xenia dan Rocky, Gegara Masalah Ini

Ananta Putera
2 Min Read
Ilustrasi, All New Daihatsu Xenia - dok.Mobilitas

Jakarta, Mobilitas – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) melakukan penarikan (recall) 1.210 unit All New Xenia dan Rocky.

Dalam keterangan resmi yang dirilis di Jakarta, Senin (5/6/2023), Marketing Director dan Corporate Planning and Communication Director Astra Daihatsu, Sri Agung Handayani, mengatakan kedua model itu ditengarai mengalami masalah pada airbag. Daihatsu akan melakukan pemeriksaan dan penggantian ECU Airbag mereka.

“Oleh karena itu, Daihatsu mengajak pelanggan yang kendaraannya masuk dalam daftar program ini untuk melakukan pemeriksaan dan penggantian komponen ECU Airbag di jaringan bengkel resmi Daihatsu terdekat,” kata Agung.

Adapun unit yang ditengarai bermasalah dari kedua model itu adalah unit yang diproduksi pada 15 Desember 2022 hingga 11 Januari 2023. Rinciannya, Daihatsu Rocky 115 unit dan All New Daihatsu Xenia 1.095 unit.

Daihatsu Rocky di Jepang – dok.Istimewa

Proses perbaikan ECU airbag diperkirakan membutuhkan waktu 1 jam. Daihatsu Indonesia tidak akan memungut biaya apapun.

Untuk mendapatkan perbaikan, pemilik bisa mendaftar di website resmi pada tautan recall.daihatsu.co.id. Caranya, dengan memasukkan nomor rangka kendaraan, selain itu bisa menghubungi Daihatsu Access di nomor 1-500-898.

Sekadar informasi, data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dikutip Mobilitas di Jakarta, Senin (5/6/2023) menunjukkan, sepanjang 2022 lalu Daihatsu Xenia terjual ke konsumen (ritel) sebanyak 23.966 unit. Pada saat yang sama Daihatsu Rocky terlego 9.885 unit.

Sementara di Januari – April tahun ini, Daihatsu Xenia laku 8.460 unit. Sedangkan Daihatsu Rocky terjual 2.397 unit. (Swe/Anp)

Share This Article