Daihatsu: Belum Ada Rencana Luncurkan Ayla Listrik di Tahun Ini

0
1295
Mobil konsep listrik Daihatsu Ayla di GIIAS 2022 - dok.Istimewa

Jakarta, Mobilitas – Isu yang menyebut Daihatsu Indonesia akan meluncurkan Ayla listrik menyeruak beberapa pekan terakhir.

Namun, jawaban tegas diberikan oleh Astra Daihatsu.“Belum. Belum ada rencana dari kami untuk meluncurkan mobil listrik Daihatsu pada tahun 2023 ini. Karena untuk meluncurkan sebuah mobil listrik, tentu kami harus berdasar kondisi riil yang potensial. Bagaimana dengan demand di pasar? Apakah memang sudah benar-benar besar?,” ungkap Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso, saat dihubungi Mobilitas, di Jakarta, Selasa (17/1/2023).

Saat ini, kata Hendrayadi, AI-DSO secara intensif masih melakukan studi. Termasuk, soal bagaimana menghadirkan mobil setrum itu dengan harga terjangkau.

“Karena harga baterai sendiri kan saat ini tidak murah,” ucapnya.

Ilustrasi, logo Daihatsu – dok.Mobilitas

Kendati demikian, Daihatsu Ayla yang dipamerkan PT Astra Daihatsu Motor di hajatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Agustus 2022 lalu diakui menjadi penegasan bahwa Daihatsu memiliki teknologi mobil listrik yang handal. Bahkan, kapanpun siap diproduksi jika diperlukan.

Seperti diketahui, prototipe hatchback Daihatsu Ayla versi listrik yang disuguhkan di GIIAS 2022 lalu telah membetot perhatian publik Indonesia. Mobil konsep itu mengusung motor lsitrik berdaya 60 kW dengan baterai lithium-ion 32 kWh.

Sekadar informasi, Daihatsu Indonesia sepanjang 2022 lalu menjadi pabrikan dengan penjualan terbanyak kedua di Indonesia. Data Gaikindo yang dinukil Mobilitas, Selasa (17/1/2023) menunjukkan, total penjualan mobil Daihatsu ke diler mencapai 202.665 unit dan ke konsumen (ritel) 188.660 unit. (Gie/Aa)