Di Tengah Pasar yang Lesu, Pembiayaan Kredit Sepeda Motor FIF Masih Menderu

0
854
Gerai FIF di sebuah komplek pusat perbelanjaan di Kota Tangerang - dok.Mobilitas

Jakarta, Mobilitas – Selama Januari hingga Mei tahun ini, PT Federal International Finance (PT FIF) tak hanya mencacatkan kenaikan total nilai pembiayaan kredit yang disalurkan, tetapi juga jumlah sepeda motor yang dibiayai pembeliannya.

Seperti diungkap Direktur PT FIF, Daniel Hartono, yang dihubungi Mobilitas di Jakarta, Jumat (21/6/2024), total jumlah sepeda motor yang pembelian kreditnya dibiayai PT FIF selama lima bulan pertama 2024 itu mencapai 703.000 unit.

“Jumlah sepeda motor yang dibiayai pembeliannnya ini meningkat 3 persen dibandingkan periode sama di tahun lalu, yang sebanyak 683.000 unit,” ujar Daniel.

Sementara, total nilai pembiayaan yang tersalurkan selama Januari – Mei 2024 itu mencapai 12 triliun. Total nilai ini meningkat 4,1 persen dibanding total nilai pembiayaan yang tersalurkan selama lima bulan pertama 2023, yang sebesar Rp 11,5 triliun.

Ilustrasi, kredit sepeda motor – dok.Istimewa

“Kami sangat bersyukur, meskipun di tengah kondisi pasar yang sedikit tertekan, dimana total penjualan sepeda motor mengalami penurunan, ternyata penyaluran pembiayaan kami masih meningkat. Seiring dengan hal itu, jumlah sepeda motor yang dibiayai pembeliannya juga naik,” papar Dainel.

Daniel mengakui saat ini potensi risiko kredit bermasalah memang cukup tinggi karena kondisi ekonomi yang banyak mengalami tantangan. Namun, kata dia, PT FIF dalam menyalurkan pembiayaan mengutamakan aspek prudent (kehati-hatian dan kecerematan).

“Dan satu hal lagi, debitur kami sebagian besar merupakan orang-orang yang sebelumnya juga menggunakan pembiayaan FIF dan masuk dalam kategori bagus dan sangat bagus. Jadi track record-nya terlihat pasti. Mereka umumnya debitur yang melakukan repeat purchasing (pembelian lagi) sepeda motor Honda. Ini merupakan salah satu dari sikap kehati-haian kami,” tandas Daniel.

Sekadar informasi, data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) yang dikutip Mobilitas di Jakarta, Sabtu (22/6/2024) menunjukkan selama Januari – Mei 2024, jumlah sepeda motor yang terjual di Tanah Air 2.659.896 unit. Jumlah ini melorot 1,78 persen dibanding total penjualan pada periode sama di tahun lalu, yang mencapai 2.708.167 unit. (Anp/Aa)