Dites Euro NCAP, Keamanan Hyundai Ioniq 6 Lebihi Tesla Model S

0
1004
Hasil tes tabrak Hyundai Ioniq 6 sedan oleh Euro NCAP - dok.Istimewa

Leuven, Mobilitas – Saat uji tabrak Euro New Car Assesment Programme (Euro NCAP) meraih peringkat lima bintang.

Seperti dirilis dalam situs resmi lembaga asal Leuven, Belgia, yang dikutip Mobilitas, Minggu (20/11/2022), proses uji tabrak itu dilakukan pada akhir Oktober lalu. Dalam uji ini ada empat aspek yang dinilai, yaitu keselamatan penumpang dewasa, keselamatan anak-anak di kursi belakang, fitur bantuan keselamatan, serta keamanan bagi pejalan kaki dan pesepeda di jalan.

Hasilnya, dia menyabet skor 97% untuk perlindungan penumpang dewasa dan 87% untuk penumpang anak-anak, lalu fitur bantuan keamanan 90%, dan aspek keselamatan terhadap pejalan kaki 66%.

“Untuk perlindungan penumpang dewasa, Hyundai Ioniq 6 lebih baik dari Tesla Model S yang skornya 94%, dan setara dengan skor keamanan Tesla Model Y yang juga 97%,” tulis media InsideEVs yang dikutip Mobilitas, Minggu (20/11/2022).

Tampilan bagian belakang Hyundai Ioniq 6 First Edition – dok.Istimewa

Begitu pun dengan perlindungan penumpang anak-anak. Meski, soal perangkat atau fitur bantuan keamanan 8 poin di bawah prosensate yang dimiliki oleh mobil besutan Tesla.

Hasil uji tabrak itu juga lebih baik dibanding skor yang diraih oleh mobil listrik Hyundai Group (Hyundai dan Kia) lainnya.

Sekadar informasi, saat ini peminat Hyundai Ioniq 6 di Eropa sangat tinggi. Terbukti 2.500 unit edisi perdana terjual habis dalam waktu kurang dari 24 jam. Penjualan dilakukan di Jerman, Inggris, Prancis, Norwegia, dan Belanda. (Din/Aa)