Gandeng Pabrikan Cina Piaggio Bikin Mesin Baru Skutik 150cc

0
1303
Mesin buatan Zongshen Motorcycles bersama Piaggio - dok.Mega China Motor

Chongqing, Mobilitas – Produsen sepeda motor asal Italia – yang juga induk perusahaan dari pembuat skuter Vespa, skuter Piaggio, dan motor Aprilia – Piaggio selama ini diketahui telah berkongsi produsen sepeda motor asal Chongqing, Cina, yakni Zongshen Motorcycles. Setelah memproduksi beragam model mesin, kini keduanya sepakat memproduksi mesin 150cc anyar.

Seperti dilaporkan laman Sino Auto dan Mega China Motor, belum lama ini, mesin itu berkubikasi 150cc, SOHC, 4-katup, berpendingin cairan, injeksi. Mesin itu diklaim mampu menyemburkan tenaga hingga 15,4 hp dengan torsi 14,5 Nm.

Kabarnya mesin itu bakal disematkan pada motor untuk pasar Asia dan Eropa. Mesin yang dinamai G150S itu disebut memiliki arsitektur yang mirip dengan mesin skutik beken seperti Yamaha NMAX, Honda ADV150, dan runabouts kelas 150cc dan lainnya.

Ilustrasi, Vespa GTS Super Sport 150 i-Get Grey Materia – dok.Istimewa

“Mesin ini mengadopsi kepala silinder integral, crankshaft baru, piston ringan, dan filtrasi oli sekunder,” tulis dua media itu mengutip sumber di Zongshen Motorcycles.

Hanya, tak disebut nama motor itu. Selain itu juga tak dijelaskan apakah motor yang mengusung mesin tersebut diproduksi juga oleh kongsi itu.

Namun, sang sumber sempat mengatakan motor berjenis skuter matik itu bakal memiliki sederet fitur terkini umumnya skuter kecil premium. Diantaranya keyless entry, idling start stop untuk menghemat bahan bakar dengan mematikan mesin ketika skuter berhenti di depan lampu merah atau berhenti karena macet, serta suara yang senyap.

Ilustrasi, skuter Vespa – dok.Wikipedia

Kabar lain menyebut skuter itu bakal digelontorkan ke pasar pada tahun 2022. Meski tak disebutkan dimana skuter tersebut dijajakan untuk pertama kali. (Fat/Aa