GWM Agresif di Asia Tenggara, Moncer di Thailand Kini Gedor Malaysia

0
1357
Mobil listrik Great Wall Motor, Ora Good Cat di Malaysia Auto Show 2023 - dok.The Star

Kuala Lumpur, Mobilitas – Setelah berhasil menancapkan kukunya di Thailand sejak 2021, kini Great Wall Motor (GMW) agresif menggedor Malaysia.

Pabrikan mobil asal Baoding, Cina, itu mulai masuk ke negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) pada 2021 lalu, yakni di Thailand, Myanmar, Laos, Brunei, dan Malaysia pada 2021. Bahkan GWM membangun pabrik di Rayong, Thailand, setelah membelinya dari General Motors (GM).

Seiring dengan itu, pabrikan yang didirikan pada 1984 tersebut terus membombardir pasar Thailand. Terutama dengan mobil-mobil listrik, salah satunya Ora Good Cat yang laris manis di Negeri Gajah Putih itu.

Data Asosiasi Diler Mobil Thailand dan Kementerian Industri Thailand yang dikutip Mobilitas di Jakarta, Senin (8/5/2023) menunjukkan, sepanjang 2022 kemarin GWM berhasil 11.616 mobilnya di Thailand. Jumlah ini tiga kali lipat dibanding tahun sebelumnya.

Pikap listrik GMW Cannon di Malaysia Auto Show 2023 – dok.Business Today

“GWM akan memproduksi mobil listrik di Thailand pada 2024 nanti, sejalan dengan gelontoran investasinya membangun pabrik di Rayong,” papar Sekretaris Jenderal Thailand Board of Investment, Narit Therdsteerasukdi.

Produksi mobil setrum itu tak hanya ditujukan untuk pasar dalam negeri Thailand saja, tetapi juga untuk negara-negara sekitarnya. Dengan kata lain, Thailand menjadi pusat produksi.

Kini, salah satu negara yang berada di daftar prioritas untuk digarap intensif oleh GWM adalah Malaysia. Mengawali gebrakan di 2023, GWM memperkenalkan serangkaian model baru di negeri jiran Indonesia itu.

Melalui Malaysia Auto Show 2023, GWM memamerkan GWM Cannon, GWM Haval H6 dan GWM Haval Jolion. Hajatan ini berlangsung pada 4 – 7 Mei 2023 di Agro Exposition Park Serdang di pinggiran Kuala Lumpur. (Jrr/Aa)