Ini 10 Jalan Tol Baru yang Dibuka Saat Liburan Nataru

0
1383
Illustrasi, Seksi 2 Tol Cijago yakni Kukusan - Jalan Raya Bogor - dok.Kementerian PUPR

Jakarta, Mobilitas – Dari jumlah tol tersebut dua siap operasi dan delapan lainnya dibuka dalam status fungsional.

Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Triono Junoasmono, yang dihubungi Mobilitas di Jakarta, Kamis (8/12/2022), menyebut status siap operasional adalah kondisi yang menunjukkan jalan tol yang bersangkutan secara konstruksi dan kelengkapan sarana maupun prasarana, serta kelaikan siap untuk dioperasikan.

“Dengan kata lain jalan tol yang bersangkutan siap dioperasikan secara komersial,” papar dia.

Sedangkan yang bersatutus fungsional adalah jalan tol tersebut masih belum siap untuk operasional secara komersial, namun dari sisi fungsi sudah bisa digunakan sebagai lazimnya jalan tol.

“Jalan tol dengan status ini masih ada beberapa bagian atau sarana yang perlu diselesaikan, misalnya kelengkapan sarana dan lainnya. Tetapi secara prinsip, bisa difungsikan untuk mempermudah dan menunjang kelancaran perjalanan masyarakat,” kata Triono.

Dua jalan tol yang siap beroperasi pada saat liburan Nataru 2022/2023 adalah jalan tol Lubuklinggau – Curup – Bengkulu. Khususnya, seksi Bengkulu – Taba Penunjang sejauh 16,7 kilometer.

Ilustrasi, kartu jalan tol – dok.Mobilitas.id

Kedua, jalan tol Cileunyi–Sumedang–Dawuan atau Cisumdawu. Khususnya seksi Pamuluhan-Sumedang sepanjang 4,8 km dan seksi 3 Sumedang-Cimalaka sejauh 4,05 km.

Sedangkan delapan jalan tol yang siap dibuka secara fungsional adalah jalan tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu Ruas tol yang dibuka fungsional adalah seksi 2A dan 2A-Ujung sepanjang 4,8 km. Kemudian jalan tol Semarang-Demak khususnya seksi 2 Sayung-Demak sejauh 16,31 km.

Lalu, jalan tol Jakarta-Cikampek Selatan, khususnya paket 3 Segmen Sadang-Kutanegara sepanjang 8,5 km. Jalan tol Sigli-Banda Aceh seksi 5 Balang Bintang-Kutobaru sepanjang 7,3 km dan seksi 6 Kutobaru-Simpang Baitussalam sepanjang 5 km.

Kemudian, jalan Tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar Ramp JC Wringinanom sepanjang 7,45 km. Jalan tol Cinere-Jagorawi seksi 3A Kukusan-Krukut sepanjang 3 km.

Dua lainnya adalah jalan tol Ciawi-Sukabumi seksi 2 Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 km. Dan satu lagi, jalan tol Kuala Tanjung–Tebing Tinggi-Parapat seksi 1 Tebing Tinggi-Indrapura sepanjang 20,4 km. (Yus/Aa)