Januari – Februari: Penjualan Mobil Grup Astra Melorot 18,59 Persen, Sigra Cs Susut Segini

0
182
Daihatsu Sigra - dok.Istimewa via SEVA

Jakarta, Mobilitas – Kendati total jumlah mobil yang dijual Grup Astra melorot, namun masih menguasai pangsa pasar hingga 58 persen.

Keterangan resmi PT Astra International Tbk yang dirilis di Jakarta, dan di kutip Mobilitas, Kamis (14/3/2024) menyebut secara total angka penjualan mobil dari pabrik ke diler yang dibukukan merek-merek di bawah payung Grup Astra (Toyota, Daihatsu, Isuzu, UD Trucks, dan Peugeot) selama dua bulan pertama 2024 itu mencapai 79.224 unit. Sementara pada periode sama di tahun lalu, totalnya masih sebanyak 97.319 unit.

Total penjualan tersebut dibukukan oleh merek Toyota dan Lexus (yang dijajakan PT Toyota Astra Motor) sebanyak 44.843 unit. Kemudian Daihatsu (yang dijual oleh PT Astra Daihatsu Motor) sebanyak 29.451 unit, Isuzu (PT Isuzu Astra Motor Indonesia) sebanyak 4.595 unit, UD Trucks (PT Astra UD Trucks) 315 unit, dan Peugeot (oleh PT Astra Peugeot Indonesia) sebanyak 20 unit.

Ilustrasi, Peugeot 2008 – dok.Istimewa

Penurunan penjualan mobil di Grup Astra tersebut, ternyata juga dialami oleh mobil kategori atau kelas Low Cost Green Car (LCGC) alias mobil harga terjangkau dan ramah lingkungan. Total penjualann mobil (yang terdiri dari Toyota Agya, Toyota Calya, Daihatsu Ayla, dan Daihatsu Sigra) itu pada dua bulan pertama 2024 tersebutsusut 5,52 persen dari 25.756 unit (di tahun 2023) menjadi 24.335 unit di tahun ini.

Head of Corporate Communication Astra International Boy Kelana menegaskan pihaknya berharap ada sentimen psotif untuk penjualan seiring dengan momentum Lebaran. Selain itu hadirnya model-model baru yang akan diluncurkan.

“Dan diharapkan dapat berkontribusi positif bagi penjualan mobil (di pasar) nasional,” ujar Boy. (Anp/Aa)