Korlantas Polri Gelar Operasi Patuh Mulai 10 – 23 Juli, Didasari Alasan Ini

0
1176
Ilustrasi, Operasi Patuh yang digelar Polisi Lalu-lintas - dok.Istimewa via NTMC Polri

Jakarta, Mobilitas – Operasi lalu-lintas ini digelar sebelum dilakukan Operasi Brata Mantap dalam rangka pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu).

Menurut Kepala Bagian Operasional Korps Lalu-lintas (Korlantas) Polri, Kombes Pol.Eddy Djunaedi Operasi Patuh 2023 itu merupakan bagian dari persiapan Operasi Mantab Brata untuk pengamanan Pemilu maupun Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

“Terlebih, dari hasil analisa dan evaluasi yang kami lakukan, pelanggaran lalu-lintas oleh masyarakat ternyata meningkat. Teritama di wilayah atau area yang belum ada atau belum terpasang kamera tilang elektronik (ETLE). Oleh karena itu, untuk menegakkan disiplin dan meningkatkan kepatuhan masyarakat pengguna kendaraan, kita gelar operasi ini,” papar Eddy saat dihubungi Mobilitas, di Jakarta, Jumat (7/7/2023).

Ilustrasi, petugas kepolisian melakukan penindak pelanggar peraturan lalu-lintas – dok.Istimewa via NTMC Polri.Info

Meski operasi untuk menegakkan hukum demi menciptakan kepatuhan dan kedisiplinan masyarakat pengguna kendaraan atau dalam berlalu-lintas, namun Eddy menyebut penegakkan hukum tidak hanya pemberian sanksi (tilang) saja.

Tetapi juga bisa melalui edukasi, teguran dan imbauan yang humanis. Terkait dengan penegakkan hukum ini, Eddy minta petugas tidak perlu khawatir atau takut dalam menegakan hukum selama mengikuti aturan dan Standar Prosedur Operasional (SOP) yang ada dan tidak melakukan penindakan sendiri.

“Karena itu, pada Rabu (5/7/2023) kami gelar latihan sebelum Operasi Patuh ini dilaksanakan. Intinya kami juga berpesan ke petugas hindari kontraproduktif, walau sekecil apapun,” tandas dia. (Yus/Aa)