Mobil Bentley Laku Keras di Dunia, SUV Bentayga Juara

0
1358
Bentley Bentayga Extended Wheelbase - dok.Istimewa

London, Mobilitas– Sampai dengan akhir September lalu, Bentayga menyumbang 41% penjualan.

Dalam keterangan yang dirilis melalui situs resminya, yang dikutip Mobilitas, Senin (28/11/2022) Bentley Motors Limited mengatakan sepanjang Januari – September tahun ini, Bentley berhasil menjual 11.316 unit mobil buatannya. Jumlah ini meningkat 3,04% dibanding jumlah penjualan yang berhasil dikantonginya selama periode sama di 2021.

Bentley mengkau penjualannya di Eropa menanjak 18%. Kemudian di Asia-Pasifik 17%, dan di Amerika yang merupakan pasar terbesar naik 7%.

Dari total penjualan sebanyak itu, 4.640 unit di antaranya merupakan penjualan SUV Bentayga. SUV ini diyakini tetap menjadi juara penjualan setelah Mei lalu diluncurkan versi baru ber-wheelbase lebih panjang alias Extended Wheelbase.

Bentley Bentayga Extended Wheelbase ini mendapatkan tambahan jarak sumbu roda hingga 180 milimeter (mm). Sehingga, jarak sumbu roda bertambah dari 2.995 mm menjadi 3.175 mm, sehingga panjang mobil secara keseluruhan mencapai 5.322 mm.

Walhasil, area kursi belakang yang lebih nyaman. Kenyamanan semakin lengkap berkat hadirnya fitur pengontrol iklim secara otomatis (dan menjadi peranti kontrol iklim otomatis pertama di dunia) dan kursi khusus, Airline Seat.

Kursi model Airlines SEat di Bentley Bentayga Extended Wheelbase – dok.Istimewa

Kursi ini menyuguhkan 22 mode penyesuaian berdasar postur tubuh penumpang. Dia dapat direbahkan hingga 40 derajat, dan sandaran kaki – yang dihias dengan karpet dan kulit yang indah dan dikelilingi dengan strip krom – akan melebar secara otomatis sesuai keinginan penumpang.

“Selama tujuh tahun terakhir (sejak 2015), Bentayga telah membuktikan kredibilitasnya melalui kemampuan off-road sejati. Dan Bentayga Extended Wheelbase ini menjadi puncaknya,” ungkap Chief Executive Oficer Bentley Motors Limited, Adrian Hallmark.

Sekadar informasi, untuk pengembangan versi anyar itu, Bentley disebut merogoh kocek sekitar US$ 100 juta. Investasi itu termasuk untuk pengadaan 320 part baru guna dipakai versi paling gres ini.

Namun, untuk mesin, Bentley masih mempertahankan mesin lama dan tak mengutak-atiknya karena dinilai masih sangat mumpuni. Mesin itu adalah V8 berkapasitas 4.0 liter yang menyemburkan tenaga 542 bhp dengan torsi 770 Nm. (Din/Aa)