Mobil Listrik Buatan Cina Ini Taklukan Porsche Taycan dan Tesla

0
1528
HiPhi X Super, SUV listrik buatan Human Horizon Group, perusahaan asal Cina - dok.CleanTechnica

Shanghai. Mobilitas – Mobil listrik buatan perusahaan teknologi asal Shanghai, Cina – Human Horizons Technology – yakni SUV HiPhi X, terbukti mengungguli mobil-mobil listrik buatan pabrikan kondang dunia. Dia menempati urutan pertama dalam penjualan selama bulan September lalu, dan mengalhkan mobil listrik asal Jerman, Porsche Taycan.

Laman China Daily, Rabu (3/11/2021) melaporkan, fakta itu terungkap dari hasil survei yang digelar oleh gabungan lembaga yakni Institute of Industry Research di Shanghai, Jiao Tong University, Price Association of China, dan China Council for the Promotion of International Trade.

“Dari 20 kendaraan listrik berbanderol lebih dari 300.000 yuan, dari 10 besar atau teratas, empat di antaranya adalah mobil listrik buatan pabrikan Cina. Dan HiPhi X menempati urutan pertama,” bunyi keterangan survei yang dirilis pada Minggu (31/10/2021) itu.

Mobil listrik untuk segmen pasar kelas atas, HiPhi X – dok.China Daily

Sementara Porsche Taycan berada di urutan kedua, dan diikuti mobil listrik buatan merek mewah FWA (Hongqi) yakni Hongqi E-HS9. Lalu Tesla Model Y di urutan keempat.
Survei yang dilakukan menggunakan serangkaian indikator. Mulai dari dari kemewahan, teknologi listrik termasuk daya dukung baterai, fitur kenyamanan dan keamanan, hingga layanan.

“Jika mobil konvensional fokus pada perangkat keras, sekarang kendaraan listrik semakin ditentukan oleh perangkat lunak. Karena aspek teknologi inilah yang menjadikannya lebih dari sekadar alat transportasi,” kata profesor di Institute of Industry Research di Shanghai Jiao Tong University, Lie Jie.

Tampilan depan SUV listrik HiPhi X Super – dok.IOT Automotive News

Data yang dirilis China Automotive Technology & Research Center seperti dilansir China Autonews, menunjukkan sepanjang bulan September lalu, HiPhi X Super tercatat sebagai mobil listrik mewah terlaris di Cina. Dia terjual sebanyak September 641 unit (naik 36,7% dibanding bulan sebelumnya) dan melampaui Porsche Taycan yang terjual 585 unit.(Vto/Aa)