Mobil Listrik Gedor Brasilia hingga Jepang, Cuan BYD Menjulang

0
1228
Ilustrasi, showroom mobil listrik BYD - dok.Bloomberg

Shenzen, Mobilitas – Sepanjang 2022, BYD menjual mobil elektrifikasi (listrik murni dan hybrid) terbanyak di dunia.

Sejalan dengan penjualan yang meroket itu, pendapatan dan laba bersih yang diraup Build Your Dream (BYD) Company Limited pun ikut melejit. Data di Asosiasi Produsen Mobil Cina (CAAM) yang dinukil Mobilitas di Jakarta, Rabu (29/3/2023) menunjukkan, pada 2022 itu pendapatan yang diraup BYD mencapai 424 miliar yuan.

Nilai tersebut melambung 96,2% dibanding pendapatan yang berhasil dibukukannya pada tahun 2021. Sedangkan laba bersih yang berhasil dia cetak di tahun itu mencapai 16,62 miliar yuan, meroket 445,86% dibanding laba bersih di 2021.

Bus listrik BYD yang telah tiba di Kitahiroshima, Hokaido, Jepang p-ada 24 Fenruari lalu – dok.Xinhua

Sementara, data EV Volume yang dikutip Mobilitas, Rabu (29/3/2023) memperlihatkan sepanjang 2022 itu BYD membukukan penjualan mobil elektrifikasi (mobil listrik murni atau BEV maupun mobil hybrid dan plugin hybrid) sebanyak 1.847.745 unit. Dengan penjualan sebanyak itu, BYD menjadi pabrikan penjualan mobil elektrifikasi terbanyak sejagat.

Dia mengungguli Tesla Inc yang menjual mobil elektrifikasi sebanyak 1.314.330 unit, dan bercokol di urutan kedua. Meski, yang perlu dicatat, mobil yang dijajakan pabrikan besutan Elon Musk itu merupakan mobil listrik murni (BEV) saja.

Melejitnya penjualan BYD itu, tak lepas dari gebrakannya yang ekspansif. BYD telah menggedor pasar Aaustralia, Brasilia, dan Jepang dengan volume yang terus menanjak, bahkan telah mampu menembus pasar Jepang dengan bus listriknya. (Din/Aa)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here