Noni Purnomo, Bos Bluebird Jadi Wanita Berpengaruh di Asia

0
1384
Noni Purnomo, Presiden Direktur Bluebird Group Holding - dok.Istimewa via Now Jakarta

Jakarta, Mobilitas – Dia masuk dalam daftar wanita berpengaruh di Asia 2023 yang dirilis Forbes.

Di daftar 50 Wanita Berpengaruh di Asia itu, perempuan kelahiran 20 Juni 1969 ini masuk bersama dua tokoh perempuan Indonesia lainnya. Mereka adalah Menteri Keuangan Sri Mulyani dan pebisnis Herjati.

“Sebagai pemimpin perusahaan jasa layanan transportasi, Noni Purnomo tidak hanya beperan penting dalam menggerakkan roda bisnis perusahaan tetapi juga orang-orang yang bekerja di perusahaan itu bersama keluarganya untuk mencapai kemajuan,” tulis Forbes yang dinukil Mobilitas, Senin (23/1/2023).

Noni yang dipercaya sebagai Direktur Utama Bluebird Group Holding pada tahun 2013 lalu itu tercatat telah mendukung lebih dari 40.000 istri karyawan Bluebird untuk memulai bisnis demi menopang dan meningkat ekonomi rumah tangga mereka. Kemandirian ekonomi rumah tangga, menurut Noni bukan hanya akan memajukan pribadi dan keluarga, tetapi juga bangsa.

Sebab, lanjut dia, jika setiap rumah tangga mampu meningkatkan kesejahteraan maka tingkat konsumsi mereka meningkat. Tingkat pendidikan anak-anak mereka pun semakin lebih baik, sehingga tingkat kesejahteraan dan kecerdasab bangsa juga terdongkrak.

Noni Purnomo – dok.SWA.co.id

Bukan sekadar gagasan, melalui Bluebird Group Noni memberi beasiswa pendidikan kepada lebih dari 30.000 anak karyawan Bluebird. Sedangkan di urusan bisnis perusahaan, Noni juga tercatat gesit dalam berkelit menghadapi badai krisis yang muncul seiring pandemi Covid-19.

Dia meluncurkan Bluebird Cash on Delivery (COD) atau pembayaran di tempat dalam paket BirdKirim. Paralel dengan itu, fasilitas pembayaran digital disediakan di 2020.

Sementara, ketika program vaksinasi digalakkan di Indonesia, Noni menjadi yang terdepan untuk mendaftarkan karyawan serta pengemudinya. Ribuan pengemudi Blue Bird Group di Jakarta telah mengikuti vaksin.

Sederet prestasi dan gebrakan bisnisnya diakui dunia. Terbukti, Noni diganjar UN Women Empowerment Principal’s Award tahun 2020, serta IDC Futures Enterprise Award sebagai CEO of the Year 2021. (Swe/Aa)