Pintu One Way Arus Mudik Digeser ke Gerbang Cikampek, Ini Alasannya

0
1574
Ilustrasi, Gerbang Tol Cikampek - dok.Istimewa via Pelita Karawang

Jakarta, Mobilitas – Kepolisian RI melakukan pemunduran pintu masuk mulai diberlakukannya sistem arus lalu-lintas satu arah (one way) di jalan tol dari Jalan Tpl Jakarta – Cikampek (Japek) Kilometer (KM) 47 ke pintu Gerbang Tol Utama Cikampek, mulai Jumat (29/4/2022) hari ini.

Hal ini dimaksudkan untuk memberikan kesempatan lancaranya arus lalu-lintas dari Bandung ke Jakarta.

“Mulai hari ini (Jumat, 29 April 2022) proses pemunduran pintu masuk one way itu dilakukan. Karena kita lihat arus lalu-lintas dari Bandung ke Jakarta tersendat karena adanya arus one way kalau mulai dilakukan di KM 47 seperti sebelumnya. Apalagi sejak semalam, Kamis (28/4/2022) jumlah kendaraan pemudik semakin padat,” papar Direktur Lalu-lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Sambodo Purnomo Yogo, saat dihubungi Mobilitas di Jakarta, Jumat (29/4/2022).

Sistem one way di Tol Cikampek hingga Kalikangkung KM 414 diberlakukan selama tiga hari mulai Jumat (29/4/2022) hingga Minggu (1/5/2022). Sistem ini berlaku mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 24.00 WIB.

Ilustrasi, sistem arus lalu-lintas searah alias one way – dok.Istimewa

Kepala Bagian Operasi Korps Lalu-lintas Polri, Kombes Pol. Eddy Djunaedi mengatakan sistem arus lalu-lintas dan ganjil genap yang diberlakukan untuk mencegah terjadinya kemacetan arus mudik.

“Dengan memberlakukan sistem ini (one way) di jalan tol lebih mudah pemantauan dan pengendaliannya. Sejauh ini, sistem ini berdampak cukup efektif terhadap kelancaran arus lalu-lintas,” papar dia saat dihubungi Mobilitas dari Jakarta, Jumat (29/4/2022).

Dia mengingatkan agar pemudik memperhatikan plat nomor kendaraannya jika akan masuk jalan tol. Jika plat nomor tidak sesuai dengan tanggal – apakah ganjil atau genap – maka akan dikeluarkan dari tol di pintu terdekat. “Penindakan melalui tilang online juga berlaku bagi mereka yang ngebut di atas 100 kilometer per jam,” tandas Eddy. (Fan/Jap/Aa)