SAIC Siapkan Mobil Listrik yang Mampu Jalan 1.000 Km Sekali Cas

0
1063
Mobil listrik SAIC yang dibangun bersama Alibaba - dok.China Daily

Shanghai, Mobilitas – Produsen mobil terbesar di Republik Rakyat Cina (Cina), SAIC Group meluncurkan platform mobil listrik baru. Platform ini disebut sebagai platform pertama mobil listrik yang dibuat oleh pabrikan mobil listrik di negara dengan jumlah penduduk terpadat di dunia itu.

Seperti dilaporkan China Daily, Senin (27/6/2022), SAIC menyebut platform anyar itu dinamai Xingyun atau Nebula. Platform ini memiliki karakter yang fleksibel yakni dapat ditingkatkan dan tetap kompatibel dengan perkembangan teknologi di masa depan.

Dengan platform ini, maka kendaraan listrik akan memiliki jarak sumbu roda dari 2.690 milimeter (mm) menjadi 3.100 mm, sehingga baterai berukuran panjang 2.023 mm pun dapat dipasang padanya. Misalnya baterai dengan daya 150 kilowatt (kW) hingga 600 kW dengan semburan energi 44 kilowatt jam (kWh) sampai dengan 150 kWh.

“Dengan baterai berdaya sebesar itu, maka mobil listrik yang menggunakan platform ini diharapkan memiliki jangkauan 1.000 kilometer (sekali isi daya). Dan mobil listrik yang menggunakan platform ini akan diproduksi pada tahun 2023 nanti,” ujar Executive Vice President Research & Development SAIC, Kang Huaping.

Ilustrasi, mobil listrik SAIC – dok.Ciriondo.com

Meski berdaya jangkau hingga 1.000 km, namun SAIC memastikan mobil itu tetap aman. Pasalnya, dia dilengkapi keamanan aktif dan sistem perlindungan keamanan data, sehingga aman bagi pelanggan.

Memacu penjualan
Platform anyar tersebut, lanjut Huaping, bisa digunakan oleh berbagai jenis kendaraan. Termasuk hatchback menengah, sedan besar dan menengah, sedan mewah, mobil sport, kendaraan sport atau kendaraan serbaguna.

Kehadiran mobil berplatform baru itu diharapkan semakin mencuatkan kinerja penjualan kendaraan energi baru (New Energy Vehicle/NEV) – yang terdiri dari plug-in hybrid dan mobil listrik baterai (BEV) – Grup SAIC. Sebab, selama kuartal pertama Januari – Maret 2022 ini, penjualan NEV SAIC lebih baik dibanding periode sama tahun lalu.

Mobil listrik SAIC yang dijual melalui anak perusahaannya Morros Garage (MG), yakni MG Mulan – dok.Istimewa

Data internal pabrikan yang dikutip Mobilitas, Selasa (28/6/2022) menunjukkan, sepanjang Januari tahun ini SAIC berhasil menjual 72.236 unit NEV. Jumlah ini menanjak 25,5 persen dibanding bulan yang sama tahun lalu, yang sebanyak 57.540 unit.

Kemudian di bulan Februari pabrikan membukukan penjualan NEV sebanyak 45.267 unit, atau naik 48,4 persen dibanding bulan yang sama tahun lalu. Sedangkan di bulan Maret penjualan NEV yang dibukukannya mencapai 74.509 unit, naik 20 persen dibanding Maret tahun lalu yang sebanyak 62.291 unit. (Din/Aa)