Sebelum Mudik, Ketahui Lokasi Rest Area di Tol dan Pahami Tipenya

0
1313
Penunjuk lokasi rest area di jalan tol - dok.Shutterstock

Jakarta, Mobilitas – Kementerian Perhubungan memperkirakan pemudik lebaran 2023 yang menggunakan mobil pribadi mencapai 27,32 juta orang.

Perkiraan tersebut berdasar pada hasil survei Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan yang dirilis belum lama ini. “Dari pengguna mobil sebanyak itu, 9,2 juta orang akan melalui jalan tol Trans Jawa,” bunyi keterangan Badan tersebut.

Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Triono Junoasmono, yang dihubungi Mobilitas di Jakarta, Kamis (13/4/2023) mengatakan, dengan prediksi jumlah pengguna jalan tol yang sebanyak itu, dan jadwal keberangkatan yang bisa jadi akan terjadi secara bersamaan, maka dihimbau kepada masyarakat yang akan mudik untuk menyiapkan diri. Baik secara fisik diri sendiri maupun kendaraannya.

“Karena jika kendaraan bermasalah di tengah perjalanan, maka bukan hanya berdampak ke diri sendiri tetapi orang lain yang menggunakan kendaraan di jalur yang sama,” papar dia.

Kesiapan juga termasuk mengenali lokasi-lokasi rest area atau tempat istirahat di jalan tol. Sehingga, bisa merencanakan perjalanan dan istirahat dengan baik dan tepat.

“Karena di jalan tol kemungkinan terjadinya arus padat sangat tinggi kemungkinannya. Sehingga, merencanakan dimana dan kapan istirahat sangat penting, agar waktu perjalanan efektif. Dan apa kebutuhan saat istirahat juga bisa terpenuhi. Jangan sampai istirahat di rest area untuk keperluan tertentu, ternyata di situ fasilitasnya tidak ada. Jadi akan sia-sia,” kata Triono.

Rest Area Travoy Jasa Marga – dok.Jasa Marga

Untuk mencari lokasi rest area bisa dilihat di ebook Mudik Aman Berkesan 2023 yang diterbitkan Kementerian Perhubungan, melalui situs resmi kementerian. Sedangkan rest area yang tersedia terdiri tipe A, B, dan C.

Sekadar informasi, rest area tipe A, dilengkapi pusat Anjungan Tunai Mandiri (ATM) berikut fasilitas isi ulang kartu tol, toilet, klinik kesehatan, bengkel, warung, minimarket, dan mushola. Selain itu, terdapat stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU), restoran, ruang terbuka hijau, serta area parkir.

Sementara rest area tipe B dilengkapi dilengkapi pusat ATM plus fasilitas isi ulang kartu tol, toilet, warung atau kios, minimarket. Lalu, mushola, restoran, ruang terbuka hijau, plus area parkir

Adapun rest area tipe C hanya dilengkapi toilet, warung atau kios, mushola, dan area parkir sementara. Maklum, tipe itu hanya dioperasikan pada masa liburan seperti lebaran dan Natal serta tahun baru.(Jrr/Aa)