Sempat Unggul di 2021, Penjualan Wuling Almaz Kembali Ditekuk Honda CR-V

0
1601
Wuling Almaz di GIIAS 2022 - dok.Mobilitas

Jakarta, Mobilitas – Honda CR-V dan Wuling Almaz masih tercatat sebagai dua SUV medium yang penjualannya terbanyak di Indonesia.

Nama keduanya kembali perbincangan hangat karena setelah Honda Motor melalui agen pemegang mereknya di Indonesia – PT Honda Prospect Motor (HPM) – pada Agustus lalu memperkenalkan Honda CR-V hybrid ke publik Indonesia, kini Wuling Motor langsung meluncurkan Wuling Almaz versi hybrid. Varian yang dgelontorkan ke pasar pada Rabu (3/11/2022) lalu itu, dibanderol Rp 470 juta on the road Jakarta.

Lantas, akankah Wuling Almaz mampu mengungguli Honda CR-V dalam penjualan? Jawabnya belum tentu. Karena meski sama-sama medium SUV, namun secara segmen pembeli mobil ini banyak memiliki perbedaan.

Salah seorang petinggi di Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dihubungi Mobilitas di Jakarta, Rabu (9/11/2022) mengatakan, secara psikografis, umumnya pembeli Wuling Almaz adalah mereka yang ingin memiliki SUV medium tapi harganya yang tidak setinggi Honda CR-V.

“Jadi, faktor pertimbangan harga menjadi alasan mereka. Meski, tidak sedikit juga orang yang berduit dan mampu membeli Honda CR-V tetapi juga membeli Wuling Almaz. Apalagi, strategi Wuling secara umum itu memainkan harga yang lebih miring dibanding pesaing di setiap segmen mobil produknya, dan mencoba memberikan fitur-fitur yang berbeda,” papar dia.

Wuling Almaz di GIIAS 2022 – dok.Mobilitas

Perbedaan kedua, pembeli Honda CR-V umumnya loyalis merek tersebut. Keputusan membeli bagi mereka lebih didasari faktor emosional.

“Bagi mereka kualitas dan prestise brand Jepang lebih bagus. Ya karena itu faktor emosiona, tentu sulit untuk diperdebatkan. Karena brand dari luar Jepang belum tentu kalah dari Jepang,” jelas sang petinggi asosiaso industri itu.

Namun, data di Gaikindo yang dikutip Mobilitas, Rabu (9/11/2022) menunjukkan dalam penjualan ke diler (wholesales) Wuling Almaz yang dijajakan di Indonesia sejak Februari 2019 itu, sempat mengungguli wholesales Honda CR-V, yakni di tahun 2021 lalu. Saat itu, Wuling Almaz terjual sebanyak 9.694 unit

Sementara, Honda CR-V Honda terjual 8.972 unit. Artinya, Wuling Almaz masih unggul atau terjual lebih banyak 722 unit.

Namun, di tahun 2022 ini, sepanjang Januari – September, Wuling Almaz ditekuk Honda CR-V. Sebab SUV Honda ini terjual ke diler sebanyak 6.016 unit. Jumlah ini menanjak 21,8% dibanding wholesales selama periode sama di 2021.

Ilustrasi, New Honda CR-V Black Edition – dok.Istimewa

Pada saat yang sama, Wuling Almaz yang terjual ke diler hanya sebanyak 4.097 unit. Jumlah wholesales SUV medium besutan Wuling itu terperosok 39,5% dibanding periode sama di 2021.

Honda CR-V juga unggul dalam wholesales atas Wuling Almaz sepanjang tahun 2020. Saat itu dia terjual sebanyak 4.979 unit dan Wuling Almaz Cuma 1.947 unit.

Begitu juga di tahun 2019, dimana Honda CR-V laku dibeli diler sebanyak 11.290 unit dan Wuling Almaz 9.725 unit. (Din/Aa)