Siap Tekuk Toyota Alphard di Asia Tenggara, GAC M8 Segera Hadir di Filipina

0
1134
Peluncuran GAC M8 varian hybrid di Cina - dok.Youtube

Manila, Mobilitas – Mobil bergenre Multi Purpose Vehicle (MPV) premium ini menjadi pesaing Toyota Alphard dan Lexus LM.

Setelah diluncurkan dan dijual di Republik Rakyat Cina (Cina), kini GAC M8 dikabarkan akan diluncurkan di Filipina pada awal 2024 nanti.

“GAC M8 sedang dalam perjalanan ke sini (ke Filipina) dan akan tiba pada kuartal pertama tahun 2024. MPV baru ini bakal menjadi andalan merek tersebut dan dirancang untuk mendefinisikan kembali segmen MPV premium dengan dilengkapi teknologi mutakhirnya. kabin yang mewah, serta kenyamanan tiada tara,” tulis laman Autoindustriya, yang dikutip Mobilitas di Jakarta, Minggu (1/10/2023).

Brand Head GAC Motor Filipina, Franz Decloedt, juga memastikan kabar rencana peluncuran mobil itu di negara itu. Meski begitu, dia belum menyebut spesifikasi dari GAC M8 versi Filipina.

Namun, diduga tak akan jauh berbeda yang dijajakan di Cina. Kursi model captain seat di baris kedua, layar beresolusi tinggi – baik untuk panel instrumen maupun untuk visual perangkat hiburan – terpasang di dashboard.

GAC M8 saat diluncurkan di Chengdu Auto Show, Agustus 2022 – dok.Istimewa via ChinaPEV

“Interior MPV mewah ini juga dapat tersedia dalam warna hitam dan putih atau dalam finishing Royal Opera yang lebih mewah yang terdiri dari warna merah, emas, hitam, dan putih,” tulis Autoindustriya.

Adapun dapur pacunya berupa mesin bensin 2.0 liter empat silinder yang diimbuhi turbocharged, dengan semburan tenaga 253 hp dengan torsi 390 Nm. Semhuran tenaga ini disalurkan ke roda menggunakan transmisi otomatis 8 tingkat percepatan.

Tetapi, Guangzhou Automobile Group Company (GAC) selaku produsennya juga menyediakan versi lain yang berteknologi hybrid, yakni paduan antara mesin 2.0 liter empat silinder dengan sebuah motor listrik (atau sistem hybrid THS II generasi keempat). Hanya, GAC Motor Filipina belum memberikan bocoran soal harga.

Sekadar informasi, GAC adalah pabrikan mobil asal Guangzhou, Cina. Pabrikan yang merupakan perusahaan milik negara ini didirikan pada tahun 1955, dan kini telah menjadi pemain penting di pasar dalam lokal Cina, termasuk dalam penjualan.

Data Asosiasi Pabrikan Mobil Cina (CAAM) yang dikutip Mobilitas, di Jakarta, Minggu (1/10/2023) menunjukkan, sepanjang Januari – Agustus tahun ini, GAC menjual mobil ke konsumen (penjualan ritel) di dalam negeri sebanyak 220.037 unit. Jumlah ini meningkat 12,3 persen dibanding periode sama pada 2022. (Din/Aa)