Suzuki Jimny 5 Pintu Meluncur 7 Juni, Diklaim Terpesan 30 Ribu Lebih

0
1732
Suzuki JImny 5 pintu - dok.Istimewa via Thailand Post English

Mumbai, Mobilitas – Suzuki Jimny varian lima pintu atau sasis panjang merupakan varian Suzuki Jimny yang dinanti para penggemarnya di dunia.

Kini, setelah penantian panjang, kabar bagus terhembus untuk mereka. Maruti Suzuki India – pabrikan Suzuki Motor di India yang memproduksinya – dikabarkan akan meluncurkannya pada 7 Juni tahun ini, atau sekitar dua pekan lagi.

Laporan Financial Express dan EXWheel yang dikutip Mobilitas, di Jakarta, Jumat (26/5/2023) menyebut, Maruti Suzuki memboyong dan memperkenalkan Jimny 5 pintu itu di hajatan New Delhi Auto Show 2023, pada Januari lalu. Sejak 12 Januari itu pula, Maruti Suzuki telah membuka pemesanannya.

“Sejak saat itu, hingga sekarang telah terpesan lebih dari 30.000 unit,” bunyi keterangan Maruti Suzuki seperti dikutip media itu.

Hanya, soal harga sampai hari ini belum diumumkan. Maruti Suzuki menyatakan, besaran harga akan diumumkan pada saat peluncuran secara resmi pada 7 Juni nanti.

Suzuki JImny 5 pintu saat dites jalan di jalanan India tanpa kamuflase- dok.Instagram Deepak Thakur

Suzuki juga belum membocorkan fitur apa saja yang disematkan pada SUV Suzuki yang namanya melegenda itu. Meski, sejumlah bocoran informasi menyebut, SUV lima pintu itu menyandng mesin bensin 1.5 liter Naturally Aspirated.

Mesin itu diklaim mampu menyemburkan tenaga hingga 103 bhp dengan torsi 134 Nm. Untuk penyaluran tenaga ke roda ada dua pilihan transmisi, pertama girboks manual 5 tingkat percepatan dan yang kedua transmi otomotis konverter 4 tingkat percepatan.

Suzuki juga menambahkan fitur sistem AllGrip Pro 4X4 sebagai standar agar kemampuan off-road SUV ini lebih mumpuni. Suzuki di India mengaku akan memproduksi varian ini 100.000 unit saban tahun, 66% ditujukan untuk pasar lokal dan 36% untuk ekspor. (Jrr/Aa)