Suzuki Katana Besutan Team Classic Ini Bermesin Motor WSBK

0
861
Suzuki Katana Spesial dengan mesin Superbike GSX-R1000 tahun 2008 yang digunakan di ajang WSBK - dok.Team Classic Suzuki

London, Mobilitas – Di tengah penerapan lockdown yang dilakukan oleh sejumlah negara dan istirahatnya jadwal balapan, Tim Balap Motor Klasik milik Suzuki – yakni Team Classic Suzuki – mencatatkan kreasi gemilang. Tim ini berhasil membangun motor sport retro (era 80-an) Suzuki Katana spesial.

Dalam keterangan resmi, yang dilansir belum lama ini, Team Classic Suzuki menyebut Suzuki Katana Spesial itu menggunakan mesin milik Suzuki GSX-R1000 spek Alstare Racing yang digunakan di laga balap World Superbike (WSBK). Secara dimensi ukuran, Suzuki Katana Spesial ini sama dengan GSX-R1000 K8 yang dipakai di jalan raya.

Semburan tenaga dari mesin juga juga sedahsyat basisnya, yakni lebih dari 200hp dan disalurkan ke roda belakang. Maklum, mesin ini memakai ECU bikinan Yoshimura EM Pro, sehingga pengaturan asupan bahan bakar ke ruang bakar benar-benar akurat.

Tampilan belakang Suzuki Katana Special – dok.Istimewa

Sedangkan saluran gas buangnya tak kalah keren. Header-nya menggunakan buatan Alstrae denan silincer besutan Racefit.

Motor yang menggunakan subframe belakang Alpha Performance Fabrication ini diberi pelek Dymag C3 magnesium. Selain mendongkrak kesan jadul, kualitasnya juga benar-benar paten.

Sedangkan peranti pengeremannya dari Brembo dengan posisi kaliper yang unik, yakni di balik swingarm dan diimbuhi stabilizer. Tampilan retro juga terlihat dari suspensi belakang yakni garpu ganda besutan Ohlins dengan subtank.

Tampilan depan Suzuki Katana spesial – dok.Istimewa

Tampilan retro khas Katana juga terlihat dari penggunaan lampu utama berbentuk kotak. Namun, pencahayaannya tetap mengadopsi teknologi terkini, yakni menggunakan emiter LED.

Untuk menguatkan kesan retro Katana, digunakan jok baru dari Italia Race Seats yang dilengkapi logo Katana dengan kelir tradisionalnya yakni merah di bagian tengah. Sedangkan logo Team Classic Suzuki yang dipatrikan pada bagian samping jok juga berwarna merah.

Logo Team Classic Suzuki di Katana Spesial yang dipatrikan pada jok bagian samping – dok.Istimewa

Secara umum, tampilan motor sport naked bermesin GSX-R1000 ini pun mirip dengan Suzuki Katana versi pertama. Suzuki Katana yang diluncurkan pada tahun 1981 silam. (Jrr/Aa)