Usai Isu Recall di Dunia, Toyota bZ4X Mejeng di GIIAS 2022

0
1397
Mobil listrik Toyota bZ4X di GIIAS 2022 - dok.Mobilitas

Tangerang, Mobilitas – PT Toyota Astra Motor memamerkan SUV listrik Toyota bZ4X di GIIAS 2022.

Vice President Director PT TAM, Henry Tanoto, yang ditemui Mobilitas di sela peluncuran Toyota All New GR86 di arena GIIAS, ICE Serpong, Tangerang, Kamis (11/8/2022) belum bisa memastikan kapan mobil listrik itu dijual di Tanah Air. Kehadiran mobil itu di GIIAS, kata Henry, menjadi bukti komitmen Toyota yang siap mendukung dunia maupun pemerintah Indonesia dalam pengurangan emisi karbon.

“Jadi, kami belum berbicara soal penjualan. Tetapi, ini menjadi bukti bahwa Toyota siap kapanpun dalam mewujudkan komitmen itu. Karena secara teknologi dan produk sudah siap,” tandas Henry.

Namun, Henry enggan mengomentari soal urungnya Toyota bZ4X menjadi mobil resmi  Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang bakal digelar di Bali, pada November nanti. Termasuk, apakah urungnya rencana itu disebabkan recall mobil tersebut di beberapa negara di dunia.

Menko Perekonomian Airlannga Hartarto berfoto dengan Toyota bZ4X saat mengunjungi booth Toyota di GIIAS 2022 – dok.Mobilitas

“Kalau untuk offical partner di KTT G20 itu memang kita siapkan Lexus UX300e, dan kemarin sudah kami serahkan ke pemerintah. Tapi, kalau soal recall bZ4X itu kan di luar Indonesia jadi kami enggak bisa komentar,” papar dia.

Sebelumnya, 24 Juni 2022, Reuters melaporkan Toyota menarik (recall) 2.700 unit Toyota bZ4X karena baut roda depan yang rawan copot. Mobil yang ditarik itu 2.200 unit di Eropa, 260 di Amerika Serikat, 10 unit di Kanada, dan 110 unit di Jepang. (Aa)