Valhalla, Bukti Baru Kedahsyatan Aston Martin

0
1509
Aston Martin Valhalla - dok.Aston Martin

London, Mobilitas – Pabrikan pembuat mobil sport mewah – Aston Martin Lagonda – baru saja memperkenalkan model anyar di antara jajaran model yang diproduksinya, yakni Aston Martin Valhalla. Dia adalah supercar bertenaga hingga 740 hp, dan bahkan versi plug-in hybrid-nya bertenaga hingga 937 hp.

Seperti dilaporkan laman Car and Driver dan Sunday Driving, Kamis (15/7/2021), menurut keterangan sumber di internal pabrikan mobil kondang Inggris itu, semburan tenaga sebesar itu berasal dari mesin V8.

“Mesin konvensional yang disandangnya bukanlah mesin V6 seperti rumor yang beredar sebelumnya, melainkan mid engine 4.0 liter twin-turbo V-8,” ujar sumber di pabrikan itu.

Mesin ini, kata dia, merupakan mesin flat plane crank yang diproduksi untuk AMG GT Black Series. Maklum, setelah (April 2020 lalu) sebuah konsorsium yang dipimpin Lawrence S.Strol (bos tim F1 Racing Point) membeli Aston Martin, Team Principal Mercedes – Toto Wolf – juga ikut membeli saham pabrikan tersebut.

Tampilan samping Aston Martin Valhalla – dok.Istimewa via The Verge

Bahkan, Wolf juga menyodorkan nama Tobias Moers – eks bos AMG Mercedes – sebagai Chief Executive Officer baru Aston Martin. Lantaran itulah, tak heran jika Aston Martin Valhalla menggunakan mesin milik AMG.

Mesin ini dipadukan dengan dua motor listrik. Sehingga, menghasilkan tenaga hingga 740 hp pada putaran mesin 7.200 rpm. “Model ini akan dikirimkan ke pembeli pada tahun 2023 dengan banderol US$800.000 (atau sekitar Rp 11,66 miliar, dengan kurs US$1 = Rp 14.572,55),” ujar sumber di Aston Martin.

Sementara varian plug-in hybrid, juga dibekali mesin V8 itu plus dua motor listrik. Varian ini memiliki semburan tenaga hingga 934 hp, yang disalurkan roda belakang menggunakan gearbox kopling ganda delapan kecepatan buatan pabrikan Italia, Graziano

Aston Martin akan membanderolnya pada kisaran US$ 1,3 juta atau sekitar Rp 18,94 miliar. Harga itu dinilai sepadan dengan keunggulan dan kledahsyatan yang dijanjikan.

Tampilan belakang Aston Martin Valhalla – dok.Evo.co.uk

Valhalla disebut bakal sanggup berakselerasi dari kecepatan 0 kilometer per jam (kpj) ke kecepatan 100 kpj hanya dalam tempo 2,5 detik. Kecepatan maksimumnya mencapai 350 kpj.

Bahkan hasil uji di sirkuit Nürburgring Nordschleife, satu lap atau putaran sirkuit sejauh 21 kilometer ditempuh dalam waktu 6:30 detik. Catatan waktu ini lebih bagus dibanding rekor sebelumnya, yang dicatatkan oleh Porsche 911 GT2 RS yakni 6:43,3 detik. (Jrr/Aa)