Jakarta, Mobilitas – PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) resmi meluncurkan truk medium Mitsubishi Fuso Fighter X FM65F Tractor Head 4×2 , Jumat (18/9/2025). Truk yang mamapu mengangkut beban hingga seberat 36 ton itu dibanderol Rp 943.540.000 off the road Jakarta.
Presiden Direktur PT KTB, Daisuke Okamoto, menegaskan peluncuran Fighter X FM65F Tractor Head 4×2 bukan sekadar penyuguhan varian baru semata, tetapi juga jawaban atas kebutuhan para pelaku bisnis di sektor logistik dan distribusi.“Kami memahami bahwa selama ini, banyak konsumen setia Mitsubishi Fuso di sektor logistik yang telah lama menunggu kehadiran varian Tractor Head 4×2. Varian ini lahir dari masukan konsumen kami,“ kata dia.
Pernyataan serupa diungkapkan Sales & Marketing Director PT KTB, Aji Jaya, yang ditemui Mobilitas di tempat peluncuran – kantor PT KTB Jakarta- Jumat (18/9/2025). Dia mengatakan selama ini tidak sedikit konsumen setia Mitsubishi Fuso Indonesia yang memodifikasi truk rigid Fuso menjadi tractor head.
“Tentu, ini selain dibutuhkan effort yang ekstra juga memiliki potensi risiko yang besar jika proses modifikasi itu tidak proper. Akhirnya kami pelajari masukan ini. Kami juga meneliti seperti apa potensi marmketnya tractor head 4×2 di Indonesia. Ternyata growth-nya terus terjadi dalam lima tahun terakhir. Saat ini rata per bulannya penjualan tractor head 4×2 itu mencapai 300 unit,“ ungkap Aji.
Berangkat dari masukan itulah diproduksi tractor head 4×2 Fuso Fighter X FM65F ini dengan menggunaakan mesin diesel 6M60-DAT6 berkapasitas 7.545 cc berteknologi turbo intercooler. menghasilkan tenaga 270 PS pada 2.400 rpm dan torsi puncak 880 Nm pada 1.200–2.000 rpm.Mesin ini dipadukan dengan transmisi EATON 9 percepatan yang halus dan responsif.
“Kami semakin yakin tractor head ini pas dengan keinginan konsumen karena sebelum kami luncurkan, kami tawarkan ke perusahaan-perusahaan logistik di Jabodetabek untuk mencobanya secara langsung untuk operasional kegiatan bisnis mereka,“ jelas Aji.
Hasilnya 10 perusahaan yang melakukan uji coba dengan durasi tujuh hingga 10 hari (total waktu pengujian itu adalah tiga bulan), sangat positif. Mereka merasa puas, meski ada pula masukn untuk penyempurnaan aspek penunjang berkendara.
Beberapa aspek penting seperti tenagadan torsi dimana semburan tenaga besar di putaran rendah yang membuat truk mampu melaju stabil meski menarik trailer bermuatan penuh menjadi catatan penting bagi konsumen. Begitu pula soal konsumsi bahan bakar yang lebih efisien dibanding truk sejenis dari merek lain, kenyamanan air suspension, maupun sistem pengereman yang dilengkapi ABS.
“Termasuk kapasitas angkut serta perawatan yang mudah, apalagi 83 persen spare part-nya sama dengan model Fighter series yang ada sehingga mudah,“ tandas Aji (Aa)
Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id