Bertekad Rebut Market Share 41 Persen di Tahun Ini, Begini Strategi Fuso RI

0
336
Mitsubishi Fuso Fighter X - dok.Mobilitas

Jakarta, Mobilitas – Dengan strategi ini Mitsubishi Fuso Indonesia mengutamakan masukan dari pelanggan sekaligus memberikan layanan dengan cepat sebagai solusibisnis yang mereka butuhkan.

Direktur Sales & Marketing PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (PT KTB) Aji Jaya di sela acara Berbuka Bersama dengan kalangan media di Jakarta, Kamis (14/3/2024) mengatakan di tengah kondisi ekonomi nasional maupun global yang diwarnai ketidakpastian akibat gejolak geopolitik berikut dampaknya, memberikan solusi pelanggan dalam operasional bisnis merupakan langkah jitu.

“Kami menjalankan strategi customer first. Kebutuhan dan keinginan pelanggan merupakan yang utama bagi kami. Khususnya yang terkait dengan transportasi pendukung operasional. Penggunaan kendaraan secara maksimal dan efisien sehingga kegiatan bisnis berjalan lancar adalah harapan dan keinginan semua pelaku bisnis,” ungkap Aji saat ditemui Mobilitas usai sesi tanya jawab di acara tersebut.

Oleh karena itu, lanjut Aji, pihaknya berkomitmen untuk terus melakukan inovasi baik dalam produk maupun layanan purna jual. Inovasi tersebut didukung dengan teknologi terkini.

Truk Mitsubishi Fuso Fighter-X Super Long Trip, berjenis Medium Duty Truck dengan tangki bahan bakar ganda berkapasitas 400 liter – dok.Mobilitas

“Kami menyediakan produk dan layanan yang disesuaikan dengan karakter, area, dan jenis bisnis konsumen. Selain itu, kami juga meningkatkan pelayanan dealer dengan menambah dealer-dealer berstatus Fuso Pro-Shop, dan digitalisasi dengan mengembangkan fitur Runner,” papar Aji.

Runner telematics merupakan sistem sensor yang terintegrasi dengan ragam fungsi untuk mengoptimalkan operasional mobil. Teknologi ini juga mampu membaca kapan saatnya truk harus masuk bengkel, penggantian oli dengan patokan jarak tempuh yang telah dicapai, bahkan mengarahkan pengemudi untuk menghindari kemacetan.

“Selain itu kami akan memaksimalkan layanan 222 bengkel resmi kami. Termasuk, 17 bengkel siaga 24 jam, yang selalu siap dan cepat melakukan perawatan atau perbaikan truk. Begitu pun dengan kesiagaan 18 depo part , dan 6.700 lebih toko spare part di seluruh Indonesia,” tandas Aji.

Pernyataan senada diungkap General Manager Business Communication PT KTB, Totok Sudaryanto, yang ditemui Mobilitas di tempat yang sama. Dia menyebut, Mitsubishi Fuso harus mempertajam dan meningkatkan kualitas layanan untuk mewujudkan strategi customer first.

Fuso Canter FE 71 dengan rear body box cold chain – dok.Mobilitas

“Sebab, selama ini pelanggan percaya ke Fuso dari generasi ke generasi karena faktor layanan yang bagus selain kulaitas produk yang tinggi. Loyalitas pelanggan kami sangat tinggi, karena tagline kami Fuso Andalan Bisnis Sejati, memang telah terbukti,” tegas Totok.

Totok mengatakan, di tahun 2024 ini, pihaknya mematok target market share 41 persen atau tumbuh sebesar 1,8 persen. Sedangkan total penjualan di tahun ini ditarget mencapai 34.850 unit.

“Pada tahun 2023 kemarin, kami berhasil mempertahankan sebagai market leader dengan raihan market share sebesar 39,2 persen atau setara dengan 33.283 unit. Dimana di segmen light duty truck (LDT) Canter terjual 29.062 unit dengan pangsa pasar 53 persen, dan di segmen medium duty truk (MDT), Fighter X merebut 18 pangsa pasar dengan total penjualan 4.179 unit,” papar Totok. (Aa)