Buktikan Keunggulan, eCanter Diuji Jadi Armada Logistik B-Log

0
1094
Truk Fuso eCanter secara resmi diuji B-Log mulai September tahun ini - dok.KTB

Jakarta, Mobilitas – PT KTB bersama PT Trimitra Trans Persada (B-Log) melakukan Proof of Concept (POC) truk listrik eCanter.

POC adalah program validasi konsep dari segi fungsional, penerapan, teknis atau metode sebuah perangkat lunak sebelum masuk tahap pengembangan. POC dilakukan untuk memastikan apakah teknologi tersebut bisa berjalan sesuai harapan pengguna.

General Manager of Product Strategy PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), Bayu Aprizal, dalam keterangan resmi yang diterima Mobilitas, di Jakarta, Rabu (28/9/2022), mengatakan POC dilakukan mulai September 2022. Dalam POC ini eCanter menjadi armada di rute operasional B-Log di Tangerang dan Balaraja.

“Mereka (B-Log) sangat bersemangat mengeksplorasi teknologi canggih ini dan mengimplementasikannya ke dalam aktivitas distribusi yang sesungguhnya untuk berkontribusi pada agenda penting pemerintah, karbon netral,” ungkap Bayu.

General Manager of Product Strategy PT KTB, Bayu Aprizal menyerahkan unit Fuso eCanter untuk diujicoba B-Log – dok.KTB

Uji coba di Jakarta ini melanjutkan pengujian pertama yang digelar di Denpasar, Bali,  dan berakhir pada Agustus kemarin. Melalui mitra uji coba ini, lanjut Bayu, KTB dapat memperoleh keyakinan bahwa eCanter dapat diterapkan dalam operasional sehari-hari di Indonesia.

“Tentu masih banyak hal yang harus kami pertimbangkan, tetapi saya bangga bahwa kegunaannya yang luar biasa melampaui ekspektasi awal mereka,” tandas Bayu.

Fuso eCanter pertama kali diproduksi pada 2017 di Jepang dan versi terbarunya diluncurkan 8 September lalu. Kini 350 unit eCanter terjual di Jepang, Eropa, Australia, dan Selandia Baru. (Din/Aa)