Jadi Jalur Alternatif, Ini Ruas Tol yang Difungsionalkan Saat Lebaran

0
1468
Ilustrasi, jalan tol Solo - Ngawi - dok.Istimewa via Wikipedia

Jakarta, Mobilitas – PT Jasa Marga (Persero) akan memfungsikan ruas jalan tol miliknya di masa mudik dan balik lebaran.

Ruas tol yang akan dioperasikan secara fungsional itu berada di dekat wilayah Jabodetabek, maupun di Jawa Tengah (atau Tol Trans Jawa).

“Iya, kami akan memfungsikan sejumlah ruas jalan tol (yang belum dibuka secara resmi operasionalnya) selama masa mudik maupun balik lebaran. Namun, apakah nantinya ruas jalan tol tersebut digunakan atau tidak, itu kewenangannya ada di Polri. Karena ini bagian dari rekayasa arus lalu-lintas yang sifatnya juga kondisional,” papar Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga , Lisye Octaviana, saat dihubungi Mobilitas, di Jakarta, Selasa (4/4/2023).

Sejumlah jalan tol yang dioperasikan secara fungsional itu antara lain Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan, yang membentang mulai dari Sadang – Kutanegara. Jalan tol sejauh 8,5 kilometer ini pada musim liburan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 juga telah difungsikan.

Proses pengerjaan jalan Tol Jakarta – Cikampek II Selatan – dok.PT Jasamarga

Ruas ini bisa digunakan oleh masyarakat yang melakukan perjalanan balik ke arah Jakarta. Rutenya, keluar dari Tol Cipularang dan menuju Jalan Industri Purwakarta, kemudian melintasi jalan sejauh 27 kilometer, dan masuk gerbang tol Karawang Barat.

Selain itu, PT Jasa Marga juga akan memfungsikan akses KM 99 Cipularang. Kemudian, akses keluar darurat KM 149 Padaleunyi. Tetapi untuk pemfungsian kedua akses tol itu masih menunggu keputusan dari Kementerian PUPR.

Ruas tol lainnya yang difungsikan oleh PT Jasa Marga adalah ruas tol Solo-Yogyakarta. Ruas ini membentang dari Colomadu hingga Jalan Sawit sepanjang sekitar 6 kilometer.

“Masyarakat, baik yang akan mudik maupun balik bisa masuk ke gerbang tol Colomadu atau ruas tol Solo – Ngawi. Lalu, masuk ke ruas fungsional Solo-Yogya ini. Dan keluarnya di Jalan Sawit jika ingin meneruskan perjalanan ke Jalan Nasional Solo-Yogya,” jelas Lisye. (Kur/Aa)