Di GIIAS 2021: Xpander Lebih Laris Daripada Avanza, Apalagi Xenia

0
1602
Mitsubishi New Xpander, juga diekspor ke Vietnam

Jakarta, Mobilitas – Hiruk pikuk kabar tentang bakal hadirnya generasi terbaru Toyota Avanza atau Toyota All New Avanza dan saudara kembarnya All New Xenia telah riuh bergemuruh di Indonesia beberapa bulan sebelum peluncurannya. Klimaksnya terjadi ketika hajatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 digelar.

Sementara, pesaing berat mereka – yakni Mitsubishi Xpander – meski dengan senyap bergerilya mempersiapkan diri juga hadir di gelaran itu dalam versi terbaru yakni New Xpander (yang ditemani New Xpander Cross). Hanya, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) bertindak cerdik dengan menggelar peluncuran Xpander paling gres alias paling baru itu lebih duluan yakni 8 November.

Sementara PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan All New Avanza dan All New Veloz pada 10 November atau sehari sebelum perhelatan GIIAS 2021 dimulai. Sedangkan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memilih hari “H” pembukaan pameran itu yakni 11 November sebagai momen peluncuran All New Xenia.

Toyota All New Avanza diluncurkan pada 10 November 2021 – dok.TAM

Laga “pertempuran” yang sebenarnya pun dimulai ketika pameran GIIAS 2021 mulai bergulir. Setelah sebelas hari (yaitu dari tanggal 11 – 21 November) dijalani selama pameran yang di ICE BSD City, Tangerang itu Mitsubishi Xpander (termasuk Xpander Cross) anyar terpesan – melalui Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) sebanyak 2.230 unit.

“Total pesanan kendaraan (SPK) sebanyak 2.623 unit. Dari jumlah itu 85% atau 2.230 unit di antaranya meupakan Mitsubishi Xpander (termasuk Xpander Cross),” bunyi keterangan resmi PT MMKSI yang dirilis Senin (22/11/2021).

Pada kurun waktu yang sama, Toyota All New Avanza dan Toyota All New Veloz yang merupakan pesaing Xpander (ter masuk Xpander Cross) masing-masing terpesan (SPK) sebanyak 711 unit dan 823 unit. Sehingga jika ditotal model anyar ini terpesan sebanyak 1.534 unit.

Toyota All New Veloz-dok.TAM

Jumlah itu setara dengan 34% dari total SPK (yang diterima oleh PT Toyota Astra Motor atau TAM) yang sebanyak 4.502 unit selama periode GIIAS 2021 berlangsung,” bunyi keterangan resmi PT TAM yang dirilis pada hari yang sama.

Jauh ungguli All New Xenia
Dari fakta data ini terlihat ternyata Toyota Avanza anyar yang kampanye kehadirannya ingar bingar ternyata kalah laris oleh New Xpander. Hitungannya mari kita cermati.

Taruhlah dari total SPK yang diterima oleh New Xpander dan New Xpander Cross – yang sebanyak 2.230 unit – kita bagi dua (misalnya) untuk dua model itu, masing-masing 1.115 unit.

Mitsubishi New Xpander di GIIAS 2021 – dok.Istimewa

Dengan angka pemesanan sebanyak 1.115 unit ini (misalnya) maka New Xpander jauh lebih laris dibanding All New Avanza yang terpesan sebanyak 711 unit. Padahal, faktanya jumlah pemesanan New Xpander jauh lebih banyak dari 1.115 unit karena dari total 2.230 unit pesanan (Xpander dan Xpander Cross) dia yang mendominasi.

Terlebih dalam perbandingan angka pesanan gabungan – yakni total pesanan New Xpander dan New Xpander Cross dibanding gabungan pesanan All New Avanza dan All New Veloz – mobil Mitsubishi itu masih jauh lebih laris. Sebab total SPK mereka 2.230 unit, dan SPK All New Avanza dan All New Veloz 1.534 unit.

Daihatsu All New Xenia – dok.Daihatsu

Xpander anyar jauh lebih unggul – dalam jumlah pemesanan di GIIAS – dibanding Daihatsu All New Xenia. Sebab jagoan Daihatsu Indonesia itu hanya terpesan 104 unit. (Din/Aa)