Dua Motor Listrik Kawasaki Siap Gedor Dunia Mulai 2023

0
1182
Motor listrik Kawasaki Z EV yang dipamerkan di EICMA 2022 - dok.Kawasaki

Milan, Mobilitas – Keduanya diperkenalkan di pameran motor dunia di Milan, Italia (EICMA) 2022.

Seperti dilaporkan The Pack News, Rabu (9/11/2022) di hajatan yang berlangsung 8 – 13 November 2022 itu, Kawasaki memamerkan sejumlah prototipe motor masa depan. Mereka berteknologi listrik, hybrid (paduan mesin bensin dan motor listrik) hingga hidrogen.

“Dua motor listrik itu akan dijual, dimulai di Eropa pada tahun 2023 nanti,” tulis media tersebut mengutip siaran pers Kawasaki.

Keduanya mengadopsi bahasa desain Ninja series dan Z series. Mereka menggunakan baterai ganda dengan kapasitas maksimum 3,0 kWh.

Sedangkan motor berteknologi hybrid yang disuguhkan di pameran tersebut merupakan sepeda motor hybrid pertama Kawasaki. Adapun proyek pengembangan motor listrik hidrogen masih dalam proses, yang ditargetkan pada 2030 sudah bisa diproduksi.

Konsep motor berteknologi elektrifikasi Kawasaki di EICMA 2022 – dok.Istimewa

“Untuk motor hybrid ini, direncanakan menjadi bagian dari rangkaian model Kawasaki yang diproduksi dan dijual pada 2024 nanti,” sebut sumber internal Kawasaki.

Presiden Kawasaki Motors Corporation, Hiroshi Ito, di pameran itu mengatakan kehadiran serangkaian model itu merupakan bagian dari visi pabrikannya terhadap netralitas karbon.

Sebelumnya, siaran pers Kawasaki Heavy Industries Ltd yang dikutip Mobilitas 6 Oktober lalu menyebut pada tahun 2035 nanti, semua model utama Kawasaki yang dijual di Eropa dan Amerika maupun Jepang adalah model bertenaga listrik. Pabrikan tidak lagi menjual motor bensin.

“Kami akan memperkenalkan 10 model baru bersumber tenaga listrik dan hybrid di negara-negara maju pada tahun 2025 nanti,” bunyi keterangan tersebut. (Jrr/Aa)