Ekspor Mobil Cina Kian Menggila, Sepuluh Bulan Capai 2,46 Juta

0
1214
Ilustrasi, mobil listrik BYD - dok.Istimewa via InsideEVs

Beijing, Mobilitas – Selama bulan Oktober tahun ini, produksi dan penjualan mobil asal negeri itu merangkak naik.

Data di Asosiasi Produsen Mobil Cina (CAAM) yang dikutip Mobilitas, Minggu (13/11/2022) menunjukkan, pada bulan kesepuluh itu total produksi mobil di Cina mencapai 2,599 juta unit. Jumlah ini naik 11,1% dibanding bulan yang sama di 2021.

Sementara, total penjualannya mencapai 2,505 juta unit. Jumlah itu meningkat 6,9% dibanding Oktober tahun lalu.

Namun, fakta yang tidak kalah menarik adalah ekspor mobil yang dibukukan pabrikan-pabrikan di Negeri Tirai Bambu itu. Sepanjang Januari – Oktober tahun ini, total pengiriman mobil yang dibuat di dalam negeri ke berbagai negara mencapai 2,46 juta unit, melonjak 54,1% dibanding sepuluh bulan pertama 2021.

Analis industri di bursa Shanghai, David Cui, seperti dikutip Asia Business Insight menyebut pabrikan di Cina, baik lokal maupun kemitraan (pabrikan asing dengan pabrikan atau investor lokal) terus mendapatkan momentum untuk melakukan ekspor. Terutama kendaraan dengan teknologi energi terbarukan (elektrifikasi).

Mobil listrik Geometry C yang diluncurkan Geely di Hungaria 4 November 2022 – dok.Istimewa via Car News China

“Cina saat ini diakui dunia sebagai negara dengan transisi menuju elektrifikasi yang massif di dunia. Industri elektrifikasi dari hulu ke hilir dibangun dengan cermat berkat dukungan pemerintah yang kuat,” ujar dia.

Bukan hanya Tesla yang memiliki pabrik di Shangai saja yang gencar menggempur pasar dunia. Namun, pabrikan lokal seperti Build Your Dream (BYD), Geely, SAIC Motor, Great Wall Motor tak kalah agresif.

Meski demikian, mobil buatan pabrikan lokal juga makin laris di dalam negeri. Data penjualan di Asosiasi Mobil Penumpang Cina (CPCA) yang dinukil Mobilitas, Minggu (13/11/2022), memperlihatkan di sepuluh bulan pertama tahun ini, 9,35 juta mobil lokal terjual.

Jumlah itu menanjak 26,1% dibanding Januari – Oktober 2021. “Jumlah itu setara dengan 48,7% dari total mobil yang terjual di dalam negeri hingga Oktober tahun ini,” sebut CPCA. (Jrr/Aa)