Hino Serahkan Dua Unit Bus RM 280 ABS ke PO Bintang Zahira Sulsel, Ini Kelebihannya

0
257
Dua Bus Hino RM 280 ABS yang diserahkan HMSI ke PO Bintang Zahira - dok.HMSI

Jakarta, Mobilitas – PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) bersama dengan PT Kumala Motor Sejahtera (KMS) selaku dealer resmi Hino untuk wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel) menyerahkan secara resmi dua unit Hino Bus RM 280 ABS kepada Perusahaan Otobus (PO) Bintang Zahira.

Penyerahan dilakukan oleh Chief Operating Officer HMSI Santiko Wardoyo bersama Direktur Utama KMS Erick Tandiawan kepada Direktur PO Bintang Zahira Trans, Nirwana. Bus Hino RM 280 ABS Euro4 ini dibalut karoseri Skylander R22 bah karya karoseri New Armada.

Kedua unit bus tersebut menggunakan warna dasar merah hati dengan hiasan grafis livery yang modern yang menambah daya tarik selama perjalanan. “Dua unit bus kelas super executive ini terdiri dari unit dengan 9 kursi single dan 16 kursi double yang sangat nyaman karena sudah dilengkapi dengan legrest untuk kenyamanan selama perjalanan jauh,” bunyi keterangan HMSI yang diterima Mobilitas di Jakarta, Senin (4/3/2024).

Keduanya digunakan untuk melayani transportasi dari Makassar ke Malili, Sulawesi Selatan, itu berangkat dari Jalan Perintis Kemerdekaan, kota Makassar menuju Permata Resort Bili – Bili, Kabupaten Gowa (PP). Bus ini melewati tol Tallo Timur hingga Ujung Selatan Tol AP Pettarani, setelah itu menuju kearah Permata Resort Bili – Bili.

“Dimana rute sejauh 43 Km yang dipilih merupakan kombinasi jalan menajak, menurun, jalan lurus dan tol untuk merasakan secara langsung keamanan, kenyamanan dan keandalan bus Hino RM 280 ABS,” sebut Direktur Bintang Zahira Trans, Nirwana.

Armada baru milik PO Bintang Zahira yang menggunakan sasis Hino – dok.HMSI

Sementara itu, COO HMSI, Santiko Wardoyo, mengatakan Hino Bus RM 280 ABS memiiliki keunggulan utama menggunakan wide air suspension yang meningkatkan stabilitas kendaraan untuk kenyamanan penumpang.

Selain itu, kata Santiko, sasis space frame yang digunakannya desain menjadikan bus mempunyai bagasi yang tembus dengan kapasitas volume kurang lebih 9.000 liter sehingga ruang bagasi penumpang bisa lebih banyak atau pun memuat sepeda motor.

Semua line up Hino Bus besar menggunakan 10 baut roda sistem iso sehingga roda lebih kuat dalam menahan beban kendaraan. Bahkan lebih mudah dalam perawatan.

“Untuk pengereman, kini Hino Bus juga memiliki Auto Slack Adjuster yaitu perangkat mekanis yang dirancang untuk mempertahankan jarak standar antara kampas rem dan tromol. Sehingga, pengemudi tidak akan menginjak pedal rem terlalu dalam dan tidak perlu mengatur lagi secara manual,” tandas Santiko.

Menurut Santiko, PO Bus di Sulawesi Selatan membutuhkan bus dengan mesin yang bertenaga dan sasis yang kokoh. Sebab, bus yang digunakan harus melewati medan jalan yang lebih menantang. (Din/Aa)