Honda Sodorkan CB190SS Bergaya Retro, Harga Rp 37,7 Juta

0
1424
Honda CB190SS bergaya retro diluncurkan di Cina - dok.Istimewa

Guangzhou, Mobilitas – Saat ini tren motor bergaya tampilan retro dengan mesin kecil terus diikuti produsen sepeda motor di berbagai belahan dunia, khususnya di Asia maupun Eropa. Maklum, konsumen dunia sejak beberapa tahun lalu memang dilanda virus kegandrungan terhadap motor bergaya jadul seperti itu.

Potensi dan peluang di pasar ini terus diikuti oleh pabrikan, tak terkecuali produsen motor kondang asal Jepang, Honda Motor. Seperti dilaporkan laman RideApart dan Sino Auto News, Rabu (27/10/2021), melalui anak perusahaannya di Guangzhou, Republik Rakyat Cina (Cina) – yakni Honda-Wuyang Motors, pabrikan berlambang sayap mengepak ini meluncurkan Honda CB190SS bergaya retro.

Motor yang bergaya roadster retro modern ini diklaim cocok dan nyaman untuk dikendarai para pemula alias orang yang baru berminat maupun baru bisa mengendarai motor. “Tidak seperti motor sport naked CB Honda lainnya yang mengikuti bahasa desain Neo Sports Café, Honda CB190SS menggunakan gaya yang lebih tradisional, dengan aksen velg wire-spoke,” tulis RideApart.

Lampu depan berbentuk bulat menguatkan kesan retro di Honda CB190SS – dok.Istimewa via RideApart

Namun, motor anyar Honda ini juga menghadirkan cita rasa modern. Ini bisa dilihat mulai dari penggunaan kaca spion berbentuk bulat dan pelek model spoke.

Lalu tangki bahan bakar dibuat membusung tetapi ada lekukan dengan garis0garis sudutr yang tegas. Kemudian ekor ada dua tingkat, yang pertama berbentuk menjungkit, dan kedua atau bagian bagian bawahnya berfungsi seperti mud guard yang diimbuhi reflektor.

Bentuk ekor ini selaras dengan jok model tandem yang memberikan daya tarik sebagai sebuah sepeda motor klasik yang otentik.

Sementara panel instrumen yang memadukan teknologi analog-digital (yakni display digital LCD dengan takometer analog) berbentuk bulat ditempatkan di pod melingkar asimetris yang terletak sedikit di tengah setang. Peranti ini juga tak kalah memancarkan kesan retro.

Panel instrumen memadukan antara unsur teknologi analog dan digital juga tak meninggalkan aura retro karena perangkat ini dibuat dengan bentuk bulat – dok.Istimewa via RideApart

Tetapi yang tak kalah menarik – sekaligus menguatkan kesan retro – adalah lampu depan berbentuk bulat yang menggunakan teknologi pencahayaan LED. Berbagai bagian tersebut klop dengan postur Honda CB 190SS yang dibuat sangat ramping.

Walhasil, semua rangkaian padu-padan bagian demi bagian itu memberikan nilai estetika lebih untuk sebuah café racer. Meski, untuk sistem suspensi depan Honda memberinya  garpu upside-down agar mencuatkan kesan premium.

Adapun mesinnya berkapasitas 184cc, satu silinder dengan pengasupan bahan bakar menggunakan injektor, berpendingin udara. Mesin ini diklaim mampu menyemburkan tenaga hingga 17 hp.

Honda CB190SS bergaya retro – dok.Istimewa

Dengan serangkaian kelebihan yang disajikan tersebut, Honda-Wuyang Motors membanderolnya 16.980 yuan atau sekitar Rp 37,71 juta (kurs 1 yuan = Rp 2.221). (Vto/Aa)