Ini Calon Mobil Listrik Suzuki Pendobrak Pasar Dunia

0
1597
Konsep mobil listrik Suzuki eVX - dok.Istimewa

New Delhi, Mobilitas – Suzuki memamerkan konsep mobil listrik eVX di India Auto Expo 2023, beberapa hari lalu.

Mobil jenis SUV itu memiliki dimensi yang mirip dengan Suzuki Vitara dan Suzuki S-Cross. Keterangan Suzuki Motor menyebut mobil ini memiliki dimensi panjang 4.300 milimeter (mm), lebar 1.800 mm, tinggi 1.600 mm.

“Mobil yang akan diluncurkan pada 2025 itu menggunakan baterai berkapasitas 60 kWh, yang diperkirakan cukup untuk membawanya melaju hingga sejauh 550 kilometer (MIDC),” tulis The Green Journal, Senin (16/1/2023).

Mobil konsep yang diperkenalkan Rabu (11/1/2023) itu dibangun dengan platform yang berbagi dengan Toyota. Sedangkan paket baterianya hasil kerjasama dengan BYD.

Menariknya, Suzuki seperti dikatakan President Suzuki Motor, Toshihiro Suzuki, SUV strum itu memiliki karakter khas SUV Suzuki, yakni kemampuan off road dengan penggerak 4×4. “Dengan kata lain, mobil ini didesain untuk berpetualang tanpa batas,” ujar Toshihiro.

Peluncuran konsep Suzuki eVX di Auto Expo 2023 India – dok.Times of India

SUV itu, rencananya, tak hanya dijual di India, tetapi juga diekspor ke berbagai negara. Khususnya ke negara-negara di Asia.

“Suzuki Motors dalam pengembangan kendaraan listrik global dengan Toyota tertinggal dalam hal strategi mobil listrik di India, karena beralasan pasar belum siap. Kini, dengan investasi US$ 1,3 miliar, Suzuki memacu diri mengembangkan EV,” papar analis industri otomotif GlobalData yang dilansir situs resmi lembaga dan dikutip Mobilitas, Senin (16/1/2023).

Sementara untuk Eropa, pabrikan berlambang huruf “S” itu menyiapkan dua mobil listrik. Pertama crossover segmen A, diluncurkan 2023 dan SUV segmen B yang diduga melenggang ke pasar pada 2025. (Din/Aa)