Isu Produksi akan Disetop Mencuat, Penjualan Honda WR-V di India Ambles

0
1488
Honda WR-V yang ada di India saat ini - dok.Istimewa

Jakarta, Mobilitas – SUV kompak Honda WR-V generasi pertama, dijual di India sejak 2017.

Generasi perdana yang diperkenalkan di hajatan Sao Paulo International Motor Show, Brasilia, 2016 itu hingga kini masih dijual di India. Kini, di periode Januari – November tahun ini, penjualannya tercatat ambles dibanding periode sama di 2021 lalu.

Data penjualan di Asosiasi Industri Otomotif India dan Autopunditz yang dikutip Mobilitas, Senin (12/12/2022) menunjukkan, selama sebelas bulan pertama tahun ini, mobil terjual sebanyak 5.633 unit. Jumlah ini ambles 29,2% dibanding Januari – November tahun lalu.

Bahkan di bulan November saja, penjualannya hanya 430 unit. Jumlah ini rontok hingga 258,3% dibanding angka penjualan yang dibukukan pada bulan yang sama di 2021.

Apakah ambrolnya penjualan ini ada keterkaitan dengan kabar akan diluncurkannya Honda WR-V generasi kedua di negara itu? Business Innovation and Sales & Marketing Director Honda Prospect Motor Yusak Billy saat dihubungi Mobilitas, di Jakarta, Senin (12/12/2022) mengaku tidak tahu persis soal penjualan Honda WR-V versi lawas di India pada saat ini.

Honda WR-V generasi terbaru yang diluncurkan ke dunia untuk pertamakalinya di Indonesia – dok.Honda

“Tetapi, yang pasti Honda WR-V yang 2 November lalu kita luncurkan itu diproduksi di Indonesia dan juga diorientasikan untuk pasar ekpsor,” papar dia tanpa bersedia menyebut negara tujuan ekspor.

Sekadar informasi, Honda WR-V anyar yang diluncurkan ke dunia untuk pertamakalinya (world premiere) diawali dari Indonesia itu, memang berbeda dengan yang ada di India saat ini. Di Negeri Sari itu, Honda WR-V mengusung mesin diesel 1.5 liter dengan transmisi manual.

Sementara yang diluncurkan perdana dan diproduksi di Indonesia dibekali mesin bensin 1.5 liter. Mesin tersebut telah digunakan juga oleh Honda City Hatchback, Honda HR-V (non RS), dan Honda BR-V.

Sejumlah media lokal India menyebut, kemungkinan besar Honda WR-V versi anyar diluncurkan di India pada Agustus 2023. Sedangkan Economic Times, menyebut Honda India bakal menghentikan produksi dan penjualan Honda WR-V yang ada saat ini, pada Maret 2023 nanti. (Din/Aa)