Juara Tiga, Kenaikkan Penjualan Piaggio di Thailand Paling Joss

0
1323
Ilustrasi, varian model skuter roda tiga Piaggio - dok.Istimewa via Wide Magazine

Bangkok, Mobilitas – Selama sembilan bulan, Piaggio bertengger di urutan ketiga setelah Honda dan Yamaha dalam penjualan.

Data MCD Research yang dikutip Mobilitas, Sabtu (15/10/2022) menunjukkan, sepanjang Januari – September itu, total penjualan motor produk pabrikan asal Italia itu mencapai 34.000 unit. Jumlah itu menanjak 41,8% dibanding total angka penjualan yang dikumpulkannya sepanjang periode sama di 2021.

Sementara juara pertama, yakni Honda, melego motor sebanyak 1 juta unit, atau meningkat 8,8% dibanding Januari – September 2021. Sedangkan Yamaha, yang bercokol di urutan kedua, mengoleksi angka penjualan sebanyak 218.329 unit atau meningkat 12% dibanding sembilan pertama 2021.

Ilustrasi, skuter Piaggio – dok.Istimewa via Retail in Asia

“Thailand merupakan salah satu pasar sepeda motor yang penting di Asia Tenggara setelah Indonesia. Begitu pula dalam hal produksi,” ujar Ketua Federasi Diler Kendaraan Roda Dua dan Tiga Thailand, Sorungkurt Therdsteerasukdi seperti dikutip Asia Business Insight, Sabtu (15/10/2022).

Menurut dia, jumlah produksi motor di Thailand di dunia berada di urutan kelima setelah Cina yang sebanyak 23 juta unit, India yang mencapai 20 juta unit, Indonesia menembus 8 juta unit, dan Vietnam yang memproduksi 3 juta unit. Total produksi motor Negeri Gajah Puti itu mencapai 2 juta unit. (Din/Aa)