Kini Mitsubishi Fuso Dominasi Pasar Sasis Bus di RI

0
1301
Ilustrasi,bus milik PO Bagong yang menggunakan sasis Mitsubishi Fuso - dok.Mobilitas

Jakarta, Mobilitas – Sepanjang Januari – Maret tahun ini total penjualan sasis bus di Indonesia mencapai 769 unit.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dikutip Mobilitas, di Jakarta, Jumat (5/5/2023) menunjukkan, total angka penjualan yang diraup pabrikan bus itu meningkat 8,5% dibanding periode sama tahun lalu.

Jumlah penjualan terbanyak dibukukan oleh sasis bus medium dan kecil. Selanjutnya bus besar untuk bus trayek Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), dan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP).

“Karena, perusahaan otobus umumnya melakukan belanja sasis pada tahun sebelumnya, dan di-delivery pada pertengahan dan akhir tahun lalu,” papar Ketua Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI) Kurnia Lesani Adnan, saat dihubungi Mobilitas, di Jakarta, Jumat (5/5/2023).

Ilustrasi, logo Mitsubishi Fuso – dok.Istimewa

Menariknya, di tiga bulan pertama tahun ini, ternyata sasis bus besutan Mitsubishi Fuso FE 84G BC N tercatat sebagai sasis bus yang terlaris. Dia terjual ke diler (wholesales) sebanyak 415 unit.

Jumlah itu dibukukannya pada Januari sebanyak 189 unit, kemudian di Januari sebanyak 51 unit. Lalu pada Maret, sebanyak 175 unit.

Masih menurut data Gaikindo, sasis bus Hino 115SDB STD terlaris kedua setelah laku sebanyak 191 unit. Dia disusul Mitsubishi Fuso FE 71L BC N dengan penjualan sebanyak 49 unit.

Selanjutnya sasis Hino RM280 STD yang terjual 42 unit, Mercedes-Benz CV OH 1626 L AT yang terlego 33 unit, dan Hino 136 MBD L STD yang laku 22 unit. (Yos/Aa)