Jakarta, Mobilitas – Sepanjang tiga bulan pertama 2023 itu, Honda Brio disebut masih menyumbang penjualan terbanyak.
“Selama Januari sampai Maret tahun ini, total penjualan ritel (ke konsumen) kami mencapai 37.701 unit. Jumlah ini meningkat 45% year on year (dibanding periode sama 2022). Dan wholesales 47.027 unit, naik 33,3% (dibanding 2022),” ungkap Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM), Yusak Billy, saat dihubungi Mobilitas, di Jakarta, Jumat (14/4/2023) sore.
Meski tak menyebut detil jumlahnya, namun Billy mengatakan Honda Brio merupakan mobil Honda yang paling banyak dibeli konsumen di kuartal pertama itu. “Kalau top three, the bes selling-nya itu Honda Brio, Honda HR-V, dan Honda BR-V,” kata dia.
Menurut dia, selain faktor daya beli yang terjaga sepanjang tahun lalu dan berlanjut di awal tahun ini, faktor pendorong orang membeli mobil Honda adalah hadirnya model-model baru dan model penyegaran.
Terlebih, momen menjelang Lebaran, dimana umumnya orang mempersiapkan mobil untuk mobilitas selama masa Lebaran. Tak sedikit orang yang memesan mobil di awal tahun, demi mempersiapkan kebutuhan momen ini.
“Kalau kita lihat, penjualan ritel di Maret, itu naiknya sampai 22% dibanding bulan sebelumnya. Ini dipicu oleh kebutuhan untuk lebaran juga,” kata Billy.
Sementara itu, data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dikutip Mobilitas, di Jakarta, Minggu (16/4/2023) menunjukkan di triwulan pertama tahun ini, penjualan mobil ke diler (wholesales) di Tanah Air mencapai 282.125 unit. Naik 7% dibanding periode sama di 2022 yang sebanyak 263.822 unit.
Sedangkan penjualan ritel mencapai 271.168 unit. Menanjak 13,7% dibanding penjualan ritel tiga bulan pertama 2022, yang sebanyak 238.504 unit. (Din/Aa)