Lagi, Honda CivicType R Pecahkan Rekor Mobil FWD Tercepat di Nurburgring

0
1120
Honda Civic Type R terbaru yang dites di Sirkuit Nurburgring, Jerman - dok.Honda

Nurburgring, Mobilitas – Honda Civic Type R generasi terbaru (FL5) kembali mencetak rekor tercepat.

Keterangan resmi Honda Motor yang diterima Mobilitas di Jakarta, Kamis (20/4/2023) menyebut berhasil mencatatkan waktu 7 menit 44.881 detik saat diuji di sirkuit Nurburgring, Jerman. Pengujian di sirkuit sepanjang 20.832 kilometer itu sekaligus menjadikannya sebagai mobil berpenggerak dua roda depan tercepat sejagat.

Sebelumnya, All New Honda Civic Type R juga telah berhasil mencatatkan rekor mobil FWD tercepat di sirkuit Suzuka, Jepang pada tahun 2022. Saat itu model paling anyar dari Honda Civic Type ini menorehkan kecepatan 2 menit 23.120 detik.

Sedangkan keberhasilan di Nurburgring, Jerman, yang dicetat Honda Civic Type di 2023 ini merupakan yang kedua kali. Fakta berbicara, di 2017 lalu, sedan sport Honda itu juga berhasil mencetak rekor kecepatan.

Honda Civic Type R terbaru memecahkan rekor mobil FWD tercepat 2023 di Nurburgring, Jerman – dok.Honda

All New Honda Civic yang memiliki gaya desain agresif merupakan produk global Honda, dan diluncurkan di Indonesia pada Maret 2023. Honda Motor mengklaimnya sebagai model Civic tercepat yang pernah dibuatnya.

Pabrikan asal Jepang itu menyebut desain All New Honda Civic Type R dikembangkan dengan konsep Ultimate SPORT 2.0 yang mengejar performa dari mobil balap dan pengalaman berkendara yang menyenangkan. Dia dibekali mesin 2.0 liter VTEC Turbo yang menyemburkan tenaga 319 PS dengan torsi 420 Nm.

“Kami mengembangkan Civic Type R generasi terbaru ini berdasarkan segudang prestasi yang kami raih pada Civic Type R generasi sebelumnya. Selain itu, kami juga yakin bahwa mobil ini merupakan satu-satunya FWD sports car yang dikembangkan berdasarkan nilai dasar Honda,” Honda Civic Type R Development Leader, Hideki Kakinuma. (Jrr/Aa)